Bersinergi Dengan Masyarakat Melalui Gerakan Revolusi Mental

Tim Mahasiswa KKN UNDIP Semarang memberikan modul Ijin Usaha Micro (IUM) kepada Ibu H. Fatimah pengrajin kue kamir di Kelurahan Mulyoharjo, Kec. Pemalang, Kab. Pemalang, Jawa Tengah .(Photo dok)
Dalam rangka merealisasikan program Revolusi Mental yang telah dicetuskan oleh pemerintah pusat, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro 2019 di Kelurahan Mulyoharjo, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang melaksanakan tujuh kegiatan yang diambil dari tiga tema inti yaitu Indonesia bersih, Indonesia melayani, dan Indonesia mandiri.

KKN-RM atau kegiatan Revolusi Mental merupakan bentuk kerjasama antara Universitas Diponegoro Semarang dengan Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), serta Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) seperti yang telah diutarakan oleh Ibu Winarni selaku koordinator KKN-RM.

Tim Mahasiswa KKN UNDIP melakukan pendampingan dalam pengurusan PIRT untuk usaha kue basah "BUNDA" di Kelurahan Mulyoharjo, Kec. Pemalang, Kab. Pemalang (photo dok).
Fokus ketujuh kegiatan Revolusi Mental tersebut ditujukan pada masyarakat setempat yang meliputi Pendampingan Izin Usaha Mikro (IUM), Pendampingan Izin Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT), Optimalisasi Potensi Desa, Bersih Desa, Pembentukan Sistem Informasi Desa (SID), Publikasi Kegiatan, dan Pembuatan Video kegiatan Revolusi Mental.

Kegiatan ini diharapkan dapat membentuk karakter masyarakat yang berdampak positif pada masyarakat yang dituju. Begitulah tujuan dari kegiatan Revolusi Mental ini.

Ketujuh kegiatan ini membutuhkan pelaku usaha, perangkat desa, dan juga masyarakat umum sebagai target dalam keberlangsungan kegiatan-kegiatan ini. Kegiatan ini dapat dilaksanakan mulai minggu pertama penerjunan mahasiswa ke lokasi KKN Tim II Undip 2019 sampai dengan minggu kelima berlangsungnya kegiatan KKN.

Mahasiwa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2019 yang ditempatkan di Kelurahan Mulyoharjo memulai program kegiatan Revolusi Mental ini dengan melakukan survey dengan berkunjung ke beberapa UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) yang berada di sekitar Kelurahan Mulyoharjo diikuti dengan mengunjungi lokasi yang merupakan potensi dari Kelurahan Mulyoharjo tersebut.

Kegiatan KKN-RM yang pertama kali dilakukan adalah Pendampingan Izin Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) yang sasarannya adalah para pelaku usaha di Kelurahan Mulyoharjo. Kegiatan pendampingan ini dilakukan dengan berkunjung ke beberapa tempat usaha di lingkungan mulyoharjo salah satunya adalah usaha milik Ibu Medya Parameswari selaku pemilik usaha “Bunda” dimana usaha tersebut memproduksi macam-macam kue basah bertempatkan di Jalan Sindoro.

Kegiatan KKN-RM kedua yang dilakukan adalah Pendampingan Izin Usaha Mikro (IUM) yang sasarannya juga para pelaku usaha di Kelurahan Mulyoharjo. Kegiatan ini juga dilakukan dengan mengunjungi beberapa tempat usaha yang sekiranya membutuhkan pendampingan IUM. Salah satu tempat usaha yang kami berikan pendampingan dalam pembuatan IUM adalah usaha Kue Kamir Hj. Fatimah.

Sedangkan untuk optimalisasi potensi desa, kami selaku mahasiswa KKN Tim II Undip, telah melakukan survey ke beberapa tempat yang sekiranya dapat dioptimalisasikan lebih lanjut untuk keberlangsungan kegiatan ini. Usaha Kue Kamir menjadi target kami dalam pelaksanaan kegiatan ini dikarenakan banyaknya masyarakat Kelurahan Mulyoharjo yang memproduksi Kue Kamir dengan brand berbeda-beda dan rasa serta jenis yang berbeda-beda pula. Kami merealisasikannya dengan membuat X-banner yang berisikan informasi potensi-potensi unggulan Kelurahan Mulyoharjo yaitu Kue Kamir.

Kegiatan selanjutnya yang kami lakukan adalah Pembentukan Sistem Informasi Desa (SID) untuk kelurahan Mulyohajo tersebut. SID ini dilakukan dengan membuat website desa yang berisikan informasi-informasi yang berkaitan dengan kegiatan kelurahan Mulyoharjo. Belum adanya website kelurahan mulyoharjo membuat kegiatan ini berlangsung dengan baik dan tepat sasaran.
Kegiatan terakhir yang dilakukan oleh kami mahasiswa adalah mewujudkan agenda bersih desa di Kelurahan Mulyoharjo terkait KKN-RM ini. Kegiatannya berupa kerja bakti yang dilakukan dengan masyarakat setempat bersamaan dengan mahasiswa KKN di Kelurahan Mulyoharjo yang dimana kegiatan bertujuan dalam rangka penyambutan HUT RI ke-74.

Mahasiswa UNDIP Semarang bersama warga masyarakat Kelurahan Mulyoharjo, Kec. Pemalang, Kab. Pemalang kerja bhakti membersihkan selokan dan jalan. (Photo istimewa/dok)
Kegiatan KKN-RM ini akan terus dilakukan publikasi dalam bentuk narasi maupun video mengenai kegiatan Revolusi Mental dengan harapan masyarakat yang lebih luas dapat mengetahui kegiatan positif ini dan menjadi acuan dalam melakukan hal-hal positif lainnya.(Adv)
Powered by Blogger.