Desa Cibuyur Gelar Kirab Budaya dan Grebeg Sedekah Bumi

Kades Desa Cibuyur menunggang dalam Kirab Budaya Grebeg Sedekah Bumi, Minggu 25 Agustus 2019. (Photo-photo by Fahroji)
Pemalang - Banyak cara untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan (HUT) RI, diantaranya seperti yang dilakukan oleh Desa Cibuyur, Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah dalam memeriahkan HUT RI ke 74 tahun 2019, desa ini mengadakan Kirab Budaya Sedekah Bumi yang berlangsung pada Minggu 25 Agustus 2019 pagi sekitar pukul 09:00 - 11:00 WIB.

Kirab budaya diberangkatkan dan dipimpin langsung oleh Kepala Desa (Kades) Cibuyur Yoyo Kusnodo, dengan start dari depan rumah Kades dan finis di lapangan Cibuyur, namun sebelum kelapangan Cibuyur semua peserta kirab atau karnaval berhenti sebentar di depan Kantor Kepala Desa untuk mendapatkan penilaian dari tim juri, selanjutnya peserta dipersilahkan melanjutakan perjalanan kirab menuju ke lapangan untuk menampilkan atraksi sesuai dengan kemampuan rombongan peserta kirab untuk dinilai kembali oleh tim juri.
Kirab Budaya GrebegSedekah Bumi di Desa Cibuyur kali ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan di Kecamatan Warungpring dari desa-desa yang ada di kecamatan tersebut. Namun, walaupun kegiatan tersebut baru pertama dilaksanakan di Desa Cibuyur, peserta cukup banyak, menurut pengamatan Media Online Jurnal Pemalang (www.jurnalpemalang.co.id) peserta karnval kali ini mencapai seribuan peserta yang terdiri dari tujuh dusun, RT-RT, komuintas, organisasi kepemudaan dan lain-lain.

Ada hal yang menarik dalam kirab kali ini, pasalnya Kades Yoyo yang memimpin langsung jalannya karnaval, Dia menaiki kuda dengan didampingi oleh perangkatnya berjalan paling depan setelah mobil polisi yang mengawal jalannya karnaval, selanjutnya diikuti oleh rombongan drumban dan peserta kirab berjalan perlahan menuju ke lapangan tempat berakhirnya kirab tersebut.

Menurut masyarakat yang menonton kirab mengungkapkan, bahwa karnal tingkat desa tapi serasa setingkat kecamatan, karena banyak peserta yang memgikuti kegiatan tersebut. "Karanaval ini ko banyak banget ya pesertanya, ini seperti karnaval tingkat kecamatan, dari tadi ko ga habis-habis rombongan karnavalnya," ungkap Manto salah seorang    warga yang kebetulan sedang melewati jalan tersebut.

Kades Desa Cibuyur Yoyo ketika dimintai tanggapannya oleh awak media menyampaikan apresiasi kepada seluruh warga yang telah guyub, gotong-royong mengikuti kirab, sehingga peserta kirab cukup banyak kurang lebih seribu peserta.

"Persiapan kirab ini sangat pendek hanya kurang lebih sepuluh hari, tapi pesertanya cukup banyak hingga mencapai kurang lebih seribu peserta, saya juga menyampaikan apresiasinya kepada warga yang telah mengikuti jalannya kegiatan ini," kata Yoyo.

Yoyo juga mengungkap, rencananya kegiatan tersebut akan menjadi agenda tahunan, "Sehingga kita bisa menggali potensi yang ada di masing-masing dusun," ungkap Yoyo.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Pemalang Agus Sukoco yang turut hadir pada kegiatan kirab tersebut menilai bahwa Kirab Budaya yang diadakan Desa Cibuyur sangat luar biasa. Ia melihat potensi masyarakat cukup banyak, baik dari sisi seni budaya maupun aspek lainnya. Karena itu dia mengajak masyarakat untuk maju bersama membangun desa dengan bergotong royong.

"Mari kita bergotong royong,  maju bersama-sama membangun desa, kita gali potensi yang ada," kata Agus.
Adapun Kadis Perindag dan UMKM Kabupaten Pemalang Hepi Priyanto yang juga warga dan tokoh masyarakat Desa Cibuyur memberikan apresiasi apa yang telah dilakukan oleh Kades sebagai wujud hal tersebut ia menjadi sponsor kegiatan Kirab Budaya Grebeg Sedekah Bumi pada HUT RI ke 74 tahun 2019.

Hadir pada kegiatan tersebut  Kades Cibuyur Yoyo Kusnodo, Camat Warungpring Sugianto, Ketua DPRD Kab. Pemalang Sukoco, Kadis Perindag dan UMKM Hepi Priyanto, Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf. Edy Supriadi dan masyarakat Desa Cibuyur. (Roji)

Powered by Blogger.