Desa Kaliprahu Gelar Kirab Budaya, Dengan Berbagai Macam Tema

ULUJAMI- Desa Kaliprau- ribuan Warga berkerumun di tepi Jalan Raya Desa Kaliprau, Kecamatan Ulujami,Kabupaten Pemalang, mereka antusias  menyaksikan karnaval budaya di desanya, yang diikuti 55 kontingen sekitar 600 ratus peserta dari berbagI Lingkup RT maupun Rw desa setempat pada Minggu (18/8/2019).

Rangkaian perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia (RI) ini berlangsung meriah. Sebab peserta karnaval berasal dari berbagai penjuru desa kaliprau, mulai dari anak-anak, murid PAUD, SD, SMP, dan semua warga petani hingga perwakilan pengusaha desa sekitar.

Tepat pukul 02.22 WIB, peserta iring-iringan mulai bergerak dari ujung desa kaliprau menuju putaran desa dan kembali ke finis. Mereka mengenakan aneka jenis kostum dan dekorasi unik yang berwarna-warni.

Warga yang berdesak-desakan untuk mendapatkan barisan paling depan dibuat kagum dengan hadirnya kapal bajak laut, atau tema penjahat, dan tema hanoman, tema kepiting raksasa yang melintas.

Penampilan seni budaya yang ada desa itu, menjadi ciri khas utama.
Belum lagi dentuman suara bedug Jrigen yang membuat suasana semakin meriah. Para pemuda kaliprau pun ambil bagian dalam karnaval yang digelar, Pada Minggu (18/8) setelah perayaan HUT RI ini.

Dewi (29), salah seorang warga dekat warung bakso, ia sangat menantikan mulainya karnaval ini. "Saya pribadi ingin melihat perayaan desanya sendiri, karena itu ciri khas dari desa kami,ungkap dia dipinggir jalan. Kembali dikatakan "dia, mudah-mudahan acaranya bisa dikemas lebih baik lagi kedepan," ujarnya.

Kadus Sarwono selaku pemandu acara "mengatakan acara bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan masyarakat, khususnya warga Kaliprau yang dikemasan untuk menyambut HUT RI ke-74.

"Memang acara ini skupnya hanya Desa, tapi kemeriahannya melebihi tingkat Kecamatan. Ditanya soal berapa peserta pak ?., Saya dapat data dari panitia, ada 55 tema dari kurang lebih 600 peserta yang ikut karnaval ini," ujar Slamet saat ditemui media di sela-sela acara.*

Laporan Reporter Rae
Powered by Blogger.