Desa Kedungbanjar Gelar Penjaringan Perangkat Desa

PEMALANG - Guna mengisi kekosongan perangkat desa (Kepala Dusun) yang ada di Desa Kedungbanjar, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, maka Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Kedungbanjar melalui Panitia Penjaringan Perangkat mengadakan seleksi calon perangkat desa yang diikuti oleh 12 pendaftar,  yang sampai pada tes tertulis 11 peserta dan yang gugur sebelum tes tertulis 1 orang peserta. Dan dari 11 peserta tes tertulis itu, yang lolos menjadi perangkat desa yaitu Putri Indah Hastuti, ST dengan nilai 78. Seleksi diadakan di Balai Desa Kedungbanjar, Selasa (13/8/2019).

Pada penjaringan perangkat desa di Desa Kedungbanjar ini ada hal yang cukup menarik dan bisa dibilang inovatif. Pasalnya tes tertulis, soal tes dibuat sendiri oleh peserta. Ini sebuah terobosan baru yang dibuat  oleh panitia. Dimana setelah tahapan seleksi dilaksanakan, mulai dari proses pengumuman, pendaftaran, seleksi administrasi hingga pada tahapan tes terulis. Peserta diberi tugas membuat soal sejumlah 100 soal plus jawabannya.

Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Kedungbanjar Waqis Wahyono kepada Jurnal Pemalang menjelaskan, bahwa teknis tes model seperti itu untuk mencegah terjadinya kebocoran soal. Karena itu maka peserta tes calon perangkat diberi tugas membuat soal yang terdiri dari soal tentang pemerintahan, hukum, sosial, UUD 1945 dan pengetahuan umum. Soal dan jawaban yang telah dibuat lalu dikocok dan dibagikan ke peserta lagi.

"Hal ini untuk mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan seperti kebocoran soal dsb," kata Sekdes Waqis pada wartawan.

Sementara itu, salah satu peserta tes calon perangkat Alfi Alif Saputro mengungkapkan, dirinya dan semua peserta telah sepakat untuk membuat soal sendiri sebanyak 100 soal plus jawabannya kemudian diundi untuk dibagikan ke peserta.

Proses penjaringan perangakat desa didampingi dan dipantau oleh Pemerintah Kecamatan Taman, BPD dan Pemerintah Desa Kedungbanjar.*

Laporan Reporter : rae
Editor                      : oji

Powered by Blogger.