Desa Mojo Lakukan Penjaringan Perangkat Desa Baru

Pemalang - Sedikitnya 7 calon perangkat desa formasi Kepala Dusun II  RW 004, Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang mengikuti ujian tertulis dan Computer Based Test ( CBT ) di Pendopo Balai Desa Mojo, Selasa  (6/08/2018) .

Ketua Panitia Sutrisno, S.IP ditemui awak media usai tahapan tes tertulis, menjelaskan bahwa sebelumnya tahapan pelaksanaan penjaringan ini diawali dengan pembentukan Tim Penyusun Seleksi Calon Perangkat Desa pada tanggal 9 Juli 2019 lalu. Kemudian pengumuman lowongan perangkat desa, formasi Kepala dusun di wilayah RT/RW 004 Desa Mojo tanggal 12 Juli 2019, hingga Penyusunan Tata Tertib , Rencana Anggaran dan  jadwal sosialisasi teknis ujian serta tempat lokasi, dan untuk tahapan terakhir penyiapan formulir , berita acara , surat pernyataan Calon peserta perangkat," terangnya.

Sementara itu, di lokasi yang sama Kepala Desa (Kades) Mojo Risyanto, S.Pd selaku penanggung jawab pengisian perangkat mengatakan , “ Alhamdulilah tahapan sudah kami laksanakan bersama dan terbuka, dengan disaksikan dari Panitia dan tim penguji serta Muspika Ulujami," katanya.

Masih menurut Risyanto,  panitia telah menyelenggarakan proses tes penjaringan perangkat secara maksimal dan dari ketujuh peserta tes  mereka melaksanakan proses tahapan tes secara maksimal pula.

"Dari 7 peserta untuk tes awal dan akhir sudah kami maksimalkan sesuai tatib, untuk menjaga transparansi pelaksanaan penyaringan, dan panitia memperketat pengawasan, diantara mengambil beberapa guru SMU diwilayah Kecamatan Ulujami untuk membuat soal dan  tidak melibatkan perangkat lainnya, hal ini untuk menjaga kebocoran soal ujian," ujarnya.

Jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 7 orang yang meliputi 6 pria dan 1 wanita.  Sebelum mengikuti tes tertulis dan tes menggunakan sistem computer mereke telah lolos seleksi secara administrasi.

Peserta tes calon perangkat desa, nantinya yang lulus seleksi akan mengisi kekosongan jabatab perangkat yang ada di Dusun II RW 04 Desa Mojo, Kec. Ulujami, Kabupaten Pemalang.

Hasil dari proses seleksi penjaringan calon perangkat desa, yang dinyatakan lulus oleh panitia adalah Eko Suwirno dengan nilai tertinggi 87  hanya bertaut selisih sedikit dengan peserta lainnya, dengan menggunakan sistem pasing grade.

Kepala Desa Mojo Risyanto, S.Pd selaku penanggung jawab mengatakan, Panitia Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa betul-betul telah melaksanakan tugasnya secara profesional, transparan dan tidak ada rekayasa apapun. “Ini semua nilai murni dari peserta dan tidak ada bocoran soal karena dalam pelaksanaan ujian, pemerintah desa melibatkan semua pihak mulai Polsek, Koramil , BPD, Tomas dan pengawasan BPD dan didatangkan 2 wartawan Pemalang," ujarnya.

Dia  berharap calon Perangkat Desa yang terpilih agar siap bekerja professional, "Siap melayani masyarakat, se-segera mungkin menyesuaikan dengan lingkup kerjanya , solid dan setelah penetapan / pelantikan  untuk segera melaksanakan tugasnya sesuai tupoksinya dengan baik & bertanggung jawab," pungkasnya.*   

Loporan : Rae/Aripin
Powered by Blogger.