Pawai Obor, Jadi Salah Satu Rangkaian Acara Festival Sarung Goyor Desa Wanarejan Utara

Para peserta pawai obor diberangkatkan dari depan kantor Balai Desa Wanarejan Utara, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Pawai obor yang diikuti oleh ratusan peserta diberangkatkan oleh Kepala Desa Wanarejan Utara, Mahmud. (31/8).
Pemalang - Indah suasana malam bertabur gemerlap bintang di atas langit nampak kompak mengiringi langkah para peserta "Pawai Obor" di Desa Wanarejan Utara, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Ratusan Peserta pawai dari berbagai latar belakang kehidupan, pekerjaan, dan usia ini tampak kompak dengan seragam dan atribut masing masing.

"Pawai obor ini selain jadi rangkaian Festival Sarung Goyor Desa Wanarejan Utara, juga jadi pengisi acara peringatan Tahun Baru Islam 1441 H", ungkap Kepala Desa Wanarejan Utara, Mahmud.

Mahmud menambahkan kegiatan tersebut selain untuk memperingati HUT RI Ke 74, Peringatan Tahun Baru Islam, serta pengisi acara kegiatan Festival Sarung Goyor. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dan juga sebagai ajang "nguri-uri" budaya Tanah Jawa.

"Kegiatan ini tak hanya sebagai rangkaian Festival Sarung Goyor, peringatan HUT RI Ke 74, peringatan Tahun Baru Islam, juga sebagai sarana untuk Nguri-uri budaya Jawa,"  imbuhnya.

Pawai obor yang diikuti ratusan peserta itu juga diiringi oleh merdu lagu Sholawat dan Salam serta penampilan Tari Sufi oleh para Santriwati yang berasal dari Pondok Pesantren Desa setempat.

Sementara itu, ditambahkan oleh H. Sultoni, yang didaulat menjadi Ketua Panitia, diselenggarakannya beragam acara tersebut diharapkan bisa lebih memperkenalkan produk Sarung Goyor dari Desa Wanarejan Utara.

"Acara ini diharapkan dapat mendongkrak daya jual produk khas dari Desa Wanarejan Utara, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. Dengan meningkatnya daya jual tersebut nantinya akan turut serta memberikan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar maupun warga Kabupaten Pemalang," tandasnya.(Dentang)
Powered by Blogger.