Perwakilan BPD Sekecamatan Taman Ikuti Workshop "Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bagi Badan Permusyawaratan Desa"

orkshop Pelatihan BPD nampak penuh konsentrasi ketika mendengarkan sambutan dan pengarahan dari perwakilan Kantor Pemerintah Kecamatan Taman
Pemalang - Bertempat di The Winner Convention Center, Ratusan perwakilan Badan Permusyawaratan Desa yang ada di wilayah Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah dikumpulkan untuk mengikuti kegiatan yang diharapkan bisa turut serta membangun, bahkan mengembangkan potensi setiap desanya. Tidak hanya itu saja, para peserta juga dilatih untuk lebih meningkatkan kemampuannya guna mendayagunakan desa agar dapat menambah perekonomian, pendidikan, kesehatan, hingga ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Pelatihan ini selain diharapkan sebagai salah satu jalan untuk seiring sejalan menumbuhkembangkan masing masing desa," ungkap Deden Junaidi, Ketua Panitia yang juga menjabat sebagai Ketua BKAD (Badan Koordinasi Antar Desa-red) Kecamatan Taman.

Dikatakan lebih lanjut oleh pria yang lebih akrab disapa Mister Deden, pihaknya selalu menghimbau para anggota BPD untuk tetap bahu membahu bersinergi dengan pemerintah desa.

"Harus ada sinergitas antara bpd dan pemdes. Tanpa itu, sangat sulit untuk menggapai masa depan yang cerah bagi warga masyarakat," imbuhnya.

Salahsatu tugas, pokok dan fungsi dibentuknya bpd adalah untuk menindaklanjuti adanya keluahan atau bahkan pujian dikalangan warga masyarakat. Keluhan maupun pujian berupa lesan atau melalui surat.
Setelah itu kemudian dikoordinasikan oleh pemdes. Agar bisa ditindaklanjuti oleh pihak pemdes.

Selain semua itu, workshop Pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD ini juga diharapkan menjadi sebuah langkah agar nantinya pihak BPD dapat mengeluarkan peraturan desa.

"Workshop ini diharapkan dapat mengawali para BPD untuk menciptakan peraturan desa yang  nantinya bisa menciptakan kemajuan dalam berbagai hal bagi warga masyarakat dan desa itu sendiri," tandasnya.

Mengakhiri pembicaraan singkat kami, Mister Deden, berharap, untuk kemajuan desa, harus ada sinergitas antara BPD, Pemerintah Desa, warga masyarakat, dan organisasi atau bahkan lembaga yang ada di desa itu.

"Seluruh element yang ada di desa seperti BPD, Pemdes, karang taruna, bumdes, hingga warga masyarakat harus bisa bersinergi demi kemajuan desa," pungkasnya.(Dentang)
Powered by Blogger.