Rakor Stop BABS, Jadi Salah Satu Langkah Pasti Percepatan Pencegahan Pencemaran Lingkungan

Suasana Rakor STBM, yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang, (26/8).
Pemalang - Bertempat di Yudhistira Ball Room The Winner Convention Center, Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang mengajak seluruh element warga masyarakat diwilayah Kabupaten Pemalang untuk mendiskusikan percepatan pencegahan pencemaran lingkungan. Langkah pasti yang digelar Dinas Kesehatan itu jadi pemicu seluruh element warga masyarakat untuk selalu ingat akan pelestarian lingkungan dengan cara tidak buang air besar sembarangan (Stop BABS.red).

Bupati Pemalang Dr. A. P. H. Junaidi SH,MM., dalam sambutan yang dibacakan oleh PJ. Sekda Kabupaten Pemalang, Ni Wayan Asrini, Pemerintah Kabupaten Pemalang selalu mendukung penuh semua kegiatan untuk kemaslahatan warga masyarakat, salah satunya kegiatan rakor tersebut, itu juga sebagai perwujudan visi misi Bupati Pemalang yakni Pemalang Sehat, Cerdas, Berdaya Saing, dan Berakhlak Mulia.

"Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang selalu mendukung penuh semua kegiatan untuk kemaslahatan warga masyarakat. Visi Misi Bupati Pemalang yakni Pemalang Sehat, Cerdas, Berdaya Saing, Berakhlak Mulia. Kegiatan ini juga sebagai perwujudan kecintaan pada lingkungan," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang Dr. Erna Nuraini, menambahkan, untuk mencegah sebuah tindakan yang bisa mencemari lingkungan salah satunya dengan cara Stop BABS.

"BABS itu tindakan yang bisa mencemari lingkungan, munculnya bau tak sedap dan bisa menyebarkan penyakit pada warga. Untuk itulah kami mengajak semua element warga masyarakat untuk tidak Buang Air Besar Sembarangan," imbuhnya.

Sejauh mata memandang, dari hasil pantauan kami dilapangan, kebiasaan warga masyarakat untuk buang air besar disembarang tempat hingga saat ini masih sering kali terlihat serta masih banyaknya Wc gantung ditepi sungai pun masih "Langgeng" pemakaiannya tanpa memikirkan pencemaran lingkungan. Hal tersebutlah yang jadi penyemangat Dinas Kesehatan menggandeng seluruh element lapisan masyarakat agar dapat bersinergi mencegah tindakan pencemaran lingkungan.

"Oh sudah tentu. Kami semua disini bertekad untuk bersinergi melakukan pencegahan pencemaran lingkungan, seperti BABS, atau bahkan penggunaan Wc gantung (Wc Helikopter.red). Jika tetap dilakukan, tidak hanya lingkungan saja yang tercemar, kita pun akan merasakan imbas dari tindakan BABS itu," terang Kepala Seksi Promosi Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang, Vidi.

Kegiatan Rakor SANITASI Total Berbasis Masyarakat ini tak hanya dihadiri oleh unsur dalam bidang Kesehatan saja, acara ini juga mengundang perwakilan dari KODIM 0711, Polres Pemalang, dan juga insan Pers. (Dentang)
Powered by Blogger.