Refleksi HUT RI ke 74, Bupati dan Pimpinan Lintas Sektoral, Gelar Doa Bersama di TMP "Jayana Sureng Yudha"

Pemalang - 74 Tahun Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak lepas dari pengorbanan para pahlawan yang mati matian mengusir, memerangi, bahkan berkorban nyawa demi melawan para penjajah. 74 Tahun sudah berlalu sejak Presiden Pertama Ir. Soekarno mengumandangkan Kemerdekaan dihadapan para rakyat Indonesia pada saat itu. Saat di mana semangat, keringat, bercampur tetesan darah pengorbanan para rakyat Indonesia merebut kembali Kemerdekaan Indonesia.

Hal tersebutlah yang membuat Bupati Pemalang Dr. A. P. H. Junaidi, SH, MM, Kapolres Pemalang AKBP. Kristianto Yoga Darmawan, bersama para pemimpin di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang menggelar doa bersama di Taman Makam Pahlawan "Jayana Sureng Yudha" yang terletak di Desa Penggarit, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu (17/8). Kegiatan yang dilaksanakan pada malam jelang peringatan HUT RI ke 74 ini tampak khusyuk dan khidmat di malam sunyi berselimut hembusan angin. Suasana khusyuk serta khidmat penuh rasa puji syukur pad Tuhan Yang Maha Esa, terlihat manakala para pemimpin lintas sektoral di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang ini berdoa bersama di pusara para pahlawan yang gugur di medan perang demi Kemerdekaan NKRI.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Pemalang, kami datang ke tempat ini untuk mendoakan para pahlawan yang sudah rela berkorban jiwa raga untuk mengusir para penjajah. Ini juga sebagai ungkapan rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa yang telah menyertai Kabupaten Pemalang," ungkap Bupati Pemalang Dr. A. P. H. Junaidi SH, MM sesaat setelah prosesi doa bersama

Sementara itu, dijelaskan oleh Kapolres Pemalang AKBP. Kristianto Yoga Darmawan, mengenai para pahlawan yang gugur dan dikebumikan di TMP Jayana Sureng Yudha. Kegiatan tersebut juga sebagai acuan pada para generasi penerus bangsa dan negara untuk meneruskan perjuangan para pahlawan yang rela berkorban jiwa raga. Selain itu juga sebagai ungkapan terima kasih kepada pihak Pemerintah Kabupaten Pemalang yang telah memberikan perhatian pada para pahlawan dan keluarganya.

"Di TMP Jayan Sureng Yudha tidak hanya pahlawan dari TNI POLRI saja, tokoh kesehatan, warga masyarakat, tokoh Agama pun dikebumikan disini. Sudah tentu kegiatan ini diharapkan sebagai acuan para generasi penerus bangsa untuk meneruskan perjuangan para pahlawan dalam menjaga Kemerdekaan NKRI. Tak lupa saya berterima kasih pada Pemerintah Kabupaten Pemalang yang telah memberikan perhatian pada para pahlawan dan keluarganya," imbuhnya penuh semangat.

Kegiatan yang dilakukan usai tasyakuran malam HUT RI ini tampak sempurna ketika cahya rembulan dan bintang menghiasi Kabupaten Pemalang. (Dentang)
Powered by Blogger.