Suasana Kekeluargaan, Warnai Prosesi Pembagian Hewan Qurban

Guyub rukun jamaah Mushola Baitussalam, Jalan Sulawesi, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang. Tampak kompak ketika pelaksanaan pembagian hewan Qurban berupa 2 ekor Sapi dan 2 ekor Kambing (11/8).
Pemalang - Nyanyian merdu kicau burung bersama lantunan takbir dan tahmid tampak mengiringi prosesi penyembelihan hewan qurban di Kabupaten Pemalang. Dari hasil pantauan media online Jurnal Pemalang di wilayah Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Prosesi penyembelihan, penakaran, hingga penyaluran hewan qurban, tampak tak mengenal latar belakang pekerjaan,  perekonomian, maupun gelar pendidikan. Warga masyarakat tak hanya tampak penuh senyum, suasana kekeluargaan sangat kental mewarnai prosesi tersebut.

Seperti halnya yang terlihat di lingkungan Mushola Baitussalam, di Jalan Sulawesi, Kecamatan Pemalang. Panitia dan warga nampak bergotong royong menyembelih, menakar, hingga menyalurkan daging qurban bagi warga sekitar. Panitia yang  tahun ini menyembelih 2 ekor Sapi dan 2 ekor Kambing ini nampak penuh semangat bergoyong royong memproses ke 4 hewan tersebut hingga dapat dibagikan merata pada warga.

Ketua Panitia Qurban Idul Adha H. Kiswo mengungkapkan, pihaknya tahun ini menyembelih 2 ekor Sapi dan 2 ekor Kambing yang berasal dari iuran para warga jamaah Mushola Baitussalam.

"Para jamaah Mushola Baitussalam berinisiatif untuk berqurban 2 Sapi dan 2 Kambing dengan cara iuran. Nantinya akan kami bagikan pada warga masyarakat dilingkungan,"  ungkapnya.

Sementara itu, Wawan salah seorang tokoh pemuda setempat mengatakan, prosesi penyembelihan hingga penyaluran hewan qurban, tidak hanya sebagai cerminan penerapan kegotongroyongan, tetapi juga mengajarkan untuk berbagi pada sesama.

"Selain untuk cerminan gotong royong para warga, prosesi ini juga sebagai cerminan untuk kita agar kita dapat berbagi rasa pada sesama," katanya.

Para warga masyarakat juga tampak tertib ketika menunggu saat pembagian hewan qurban.

#Fantastis

Di tempat terpisah, para warga masyarakat RW 3 Kelurahan Mulyoharjo, Kecamatan Pemalang. Tampak menyembelih 5 ekor Sapi dan 9 ekor Kambing yang juga berasal dari swadaya (iuran.red) para warga masyarakat.

"5 ekor Sapi dan 9 ekor Kambing ini dari swadaya, yang nantinya akan dikemas menjadi 600 kemasan untuk para warga masyarakat," ungkap Malono, Ketua Panitia Idul Adha Masjid AL - ASY'ARIYAH, RW 3, Kelurahan Mulyoharjo.

Panitia qurban Masjid Al-Asy'Ariyah, Rw 03, Kelurahan Mulyoharjo, Kecamatan Pemalang., tampak semangat tak kenal lelah memproses daging qurban yang akan disalurkan pada warga masyarakat (11/8)
600 kemasan daging qurban yang disalurkan untuk para warga lingkungan RW 3 ini juga menjadi sarana untuk lebih mempererat tali silaturahmi antar warga masyarakat serta menjadi sarana untuk menghayati makna Hari Raya Idul Adha.

"Prosese ini tak hanya jadi sarana mempererat tali silaturahmi. Kami juga ingin mengajak para warga untuk menghayati makna dari Hari Raya Idul Adha 2019 ini", pungkas Subandi, Ketua Rukun Warga 03, Kelurahan Mulyoharjo.

Salah seorang sesepuh warga Wachaeri, ketika ditemui tempat tersebut mengungkapkan, guyub rukunnya para warga ini sebagai simbol realisasi pendidikan karakter untuk generasi millenial meraih masa depannya.

"Gotong royong itu kan juga pendidikan karakter, mas. Makanya kami berharap generasi mendatang dapat mencontoh dan tetap melestarikan kerukunan antar warga dengan gotong royong," ungakapnya.(Dentang)
Powered by Blogger.