LMPI Brebes Beri Bantuan Air Bersih Di Wilayah Kec.Wanasari


BREBES - Laskar Merah Putih Indonesia (LMPI) Brebes memberikan bantuan air bersih di Desa Kali Lingi dan Desa Kupu, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu (24/9/2029).

Musim kemarau panjang kali ini, sebagian wilayah di Kabupaten Brebes mulai dilanda kekeringan. Hampir keseluruhan dari lima kecamatan berpotensi terkena dampak kekeringan dan diperkirakan akan semakin meluas. Sekitar 28293 KK atau lebih dari 72552 jiwa terpaksa harus memanfaatkan air sungai atau bahkan harus membeli air untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dikarenakan sumber mata air atau sumur-sumur warga sudah mengering. Kesulitan air bersih tersebut bahkan sudah terjadi semenjak  sebulan yang lalu.

Merespon hal tersebut, LMPI Brebes beberapa waktu lalu sudah mempersiapkan bantuan yang akan disalurkan kepada warga terdampak kekeringan. Setelah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menentukan titik bantuan yang akan dijadikan sasaran, akhirnya pada Selasa, 24 September 2019, bantuan air bersih sebanyak 2 mobil tangki  air telah disalurkan pada warga 2 dusun/pedukuhan yaitu di Wanasari di Desa Kali Lingi juga Kupu Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Wilayah tersebut memang sudah menjadi langganan bencana kekeringan setiap tahunnya.
Dalam program bantuan air bersih ini, murni dengan anggota dan relawan LMPI Brebes. Penyaluran bantuan air bersih dibagi dalam dua titik droping air , satu titik di Dusun Kupu dan satu titik lagi di Kalilingi.

Warga sangat antusias dalam menyambut bantuan air yang didatangkan, terutama warga Kalilingi yang menurut penuturan mereka bahwa di wilayahnya mereka tersebut sama sekali belum tersentuh bantuan air bersih.

“Insya Allah, LMPI di kota lain dan di manapun dengan bekerjasama pihak lain akan terus bergerak menyalurkan bantuan air bersih guna meringankan beban warga yang terkena bencana kekeringan. Setelah bantuan air tahap pertama di wilayah Desa Keliling dan Kupu, akan dilanjutkan pada tahap-tahap selanjutnya di wilayah lain,” ujar relawan LMPI dari Brebes.

Masyarakat pun mengucapkan sangat berterima kasih pada pihak LMPI  dan juga relawan yang telah memberikan perhatian dengan bantuan air bersihnya. Hal ini disampaikan Kepala Desa Keliling, serta Desa Kupu Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, di lokasi bhaksos  Pada Selasa (24/9).

Tokoh setempat juga menyampaikan hal yang sama banyak terima kasih kepada LMPI dan relawan yang telah membantu meringankan kesulitan warga di sini dalam menghadapi kekeringan. Dengan bantuan dari LMPI   tesebut, bantuan air bersih sedikit banyak telah membantu warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Yang penting, untuk memasak, karena ada juga sumur bor, airnya asin, tidak bisa dipakai untuk masak,” kata ketua LMPI Brebes, Bambang R, SH kepada media ini.* 

Reporter : Rae
Editor      : Oji
Powered by Blogger.