Tasyakuran Sedekah Bumi Desa Bantarbolang Di Meriahkan Wayang Golek

Sambutan Kades Bantarbolang, Sodikin, S.Pd.I.
Jurnalpemalang.co.id, Bantarbolang - Sedekah bumi atau Ruwatan adalah salah satu tradisi yang sudah dikenal oleh masyarakat dengan sebutan "Baritan", di kalangan masyarakat pada umumnya.

Karena hal itulah masyarakat Desa Bantarbolang, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Jawa Tengah berupaya melestarikan tradisi yang sudah turun temurun melaksanakan sedekah bumi atau ruwatan yang berlangsung di halaman  Pendopo Balai Desa pada Sabtu (28/9/2019).

Ketua DPRD Pemalang HM.Agus Sukoco, S.IP.M.Si. menyerahkan santunan anak yatim-piatu
Kepala desa Bantarbolang Sodikin beserta jajaran perangkat desa dan ketua panitia M.Abdul Rachman, mengadakan tasyakuran sedekah bumi dengan pertunjukan pagelaran  wayang golek dengan lakon "Lurah Suralaya", oleh  Ki Gondrong Wiyono,  dari Bojong-Pekalongan.

Hadir dalam acara ini, (Forpimka) Forum Pimpinan Kecamatan  Bantarbolang, Aipda Didik Prastowo yang mewakili Kapolsek , Pelda Sutopo yang mewakili Danramil, BPD desa Bantarbolang, PKK , Ketua RT/RW,  Babinsa,  Babinkamtimas , Tokoh masyarakat , dan Ketua DPRD Pemalang HM. Agus Sukoco.

Sambutan singkat Kades Bantarbolang dan dilanjutkan sambutan Ketua DPRD HM. Agus Sukoco. Dilanjukan  Ketua DPRD Pemalang yang Bakal Calon Bupati ini ,menyerahkan santunan anak yatim-piatu.

Acara yang berlangsung dua hari  (28/9/2019),  wayang golek oleh Ki dalang Gondrong Wiyono, Aedangkan ( 29/9/2019) pukul 19:30 Wib, Pengajian Umum oleh pembicara KH. Muhammad Ali Shodiqin ( Gus Ali Gondrong) Group semut Ireng dari Semarang, pungkas ketua panitia M.Abdul Rachman.

Dengan acara sedekah bumi atau baritan, saya selaku kepala desa serta jajaran perangkat, serta ketua panitia sangatlah berterimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat, atas terselenggaranya acara ini meida tutur Kades Bantarbolang Sodikin.*

Reporter  : S. roto)
Powered by Blogger.