Ungkapan Rasa Syukur, Desa Kabunan Gelar Sedekah Bumi Dan Wayang Kulit

Penyerahan wayang kepada Ki Dalang Eko Suwaryo.
Pemalang - Sedekah bumi merupakan tradisi peninggalan para leluhur yang melekat di kalangan masyarakat Jawa pada umumnya, khususnya adalah mereka yang tinggal di wilayah pedesaan dengan mayoritas penduduk menggantungkan hidupnya dari hasil pertanian.

Kusnanto, Kepala Desa Kabunan, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang saat ditemui dilokasi acara pada Rabu (25/09) malam lalu mengatakan, Kabunan menjadi salah satu desa yang hingga saat ini masih berusaha mempertahankan dan melestarikan tradisi yang telah diwariskan secara turun - temurun sejak zaman nenek moyang dengan memperkenalkannya kepada generasi muda.

Ia menjelaskan, sedekah bumi atau ruwat bumi merupakan sebuah tradisi yang dilaksanakan setiap tahun di desanya, sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat kepada Sang Pencipta atas segala nikmat yang tercurah seperti, kesehatan, keselamatan serta hasil bumi yang melimpah. Selain itu bertujuan untuk melestarikan budaya tradisional yang menjadi salah satu kearifan lokal masyarakat Jawa.

"Ini adalah wujud rasa syukur kami kepada Tuhan. Selain itu, tujuan kami melaksanakan ritual sedekah bumi adalah untuk menjaga dan menumbuh kembangkan tradisi warisan para leluhur supaya tidak tergeser oleh zaman," katanya.

Serangkaian acara yang diawali dengan do'a, makan bersama dan pemberian santunan kepada 83 anak yatim piatu dari wilayah setempat, kemudian dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk, pimpinan Ki Dalang Eko Suwaryo dari Kebumen, Jawa Tengah yang membawakan lakon " Banjaran Gathotkaca ".

Pada kesempatan itu, Kusnanto menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para pihak yang telah berpartisipasi dan memberikan kontribusi dalam pelaksanaan rangkaian acara sedekah bumi tahun ini.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Pemalang sekaligus Bakal Calon (Balon) Bupati Pemalang dari Fraksi PDI Perjuangan, KRT. HM. Agus Sukoco, S.IP, Msi yang hadir pada kesempatan tersebut, langsung memberikan apresiasi terhadap sikap gotong royong yang ditunjukkan oleh masyarakat Kabunan dengan memikul bersama - sama beban pemerintah desa sehingga rangkaian acara sedekah bumi dapat terselenggara dengan baik.

Agus berharap kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kegotong royongan, terutama dalam proses pembangunan yang akan atau sedang dilaksanakan oleh pemerintah desa, untuk menjadikan Desa Kabunan semakin maju dan menjadi yang terdepan.*

Reporter : JS
Powered by Blogger.