Warga RW 01 Kelurahan Paduraksa, Kompak Bangun Drainase Secara Swadaya

Warga Rw 01 Kelurahan Paduraksa, tampak menurunkan gorong gorong yang digunakan untuk drainase dengan biaya swadaya.
Pemalang - Beragam cara dapat kita lakukan untuk mewujudkan rasa kepedulian, solidaritas, hingga kekompakkan. Beragam cara pula dapat kita wujudkan untuk tetap memelihara semua itu agar tak bisa dicerai berai oleh hal apapun.Hal inilah yang tampak terwujud di lingkungan RW 01, Kelurahan Paduraksa, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Bagaimana tidak, para warga terlihat bergotong royong, bahu membahu mengerjakan pembangunan saluran air (drainase-red) yang selama ini tak kunjung tersentuh oleh program pemerintah. Pembangunan hasil kerjasama pengumpulan iuran sukarela dengan sistem "Jimpitan" (setiap warga membuat tempat sejenis gelas platik yang diletakkan di depan rumah lalu diisi uang sukarela yang nantinya akan diambil oleh petugas) ini tampaknya tak bisa diragukan lagi. Terbukti nyata hasil pengumpulan jimpitan tersebut dipergunakan untuk kemaslahatan warga yang salah satu contohnya pembuatan Drainase.

Tampak seorang warga mulai membongkar paving blok yang nantinya akan digunakan sebagai tempat saluran drainase.
"Kami kumpulkan jimpitan para warga lalu kami pergunakan untuk pembangunan drainase sepanjang 45 meter," ungkap Riswono, Ketua RW 01 Kelurahan Paduraksa, Selasa (3/9/2019).

Selain bersumber dari dana jimpitan, lanjut Riswono, pihaknya juga mengajak warga masyarakat untuk berkontribusi dalam setiap kegiatan yang ada di lingkungannya.

"Selama ini, semua kegiatan yang ada disini, murni inisiatif para warga termasuk dalam hal kontribusi untuk setiap kegiatan, baik itu pembangunan, pembuatan lis lajan jelang peringatan HUT RI setiap tanggal 17 Agustus, termasuk pembangunan drainase seperti saat ini sedang dikerjakan," imbuhnya.

Salah satu bentuk kompaknya Warga Rw 01 Kelurahan Paduraksa, yakni dengan diwujudkan pembangunan drainase.
Sejauh mata memandang, kawasan RW 01 Kelurahan Paduraksa emang tak diragukan lagi dalam hal kekompakkanya. Tidak hanya sebatas kompak dalam menjaga kerukunan antar warga, kegiatan pembangunan sarana prasarana umum, hingga kerja bakhti lingkungan pun acap kali tampak di lingkungan tersebut.

"Alhamdulilah, warga masyarakat selalu guyub rukun, kompak, dan selalu solidaritas pada lingkungan," katanya.

Terakhir, pria paruh baya pemimpin RW 01 Kelurahan Paduraksa tersebut berharap warganya akan tetap menjaga kerukunan, kekompakan tersebut agar nantinya semua hasil karya mereka dapat dinikmati oleh generasi penerus.

"Harapan kami, apa yang dikerjakan saat ini tetap terjaga dan selalu dipelihara oleh para generasi penerus kami," pungkasnya mengakhiri pembicaraan singkat kami. (Dentang)
Powered by Blogger.