terkini

Iklan

Demi Pelayanan Terbaik Pada Warganya, Desa Gondang Berbenah

31/10/19, 17:29 WIB Last Updated 2019-10-31T10:32:27Z
Pemalang - Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan masyarakat, Pemerintah Desa Gondang, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, terus berbenah diri. Setelah disibukkan dengan berbagai pembangunan fisik seperti drainasse, betonisasi dan pengaspalan jalan, kini mereka berfokus pada renovasi balai desa.

Wahidin, Kades Gondang, saat dikonfirmasi, pada Rabu (30/10) pagi menuturkan, renovasi ini dilakukan semata-mata untuk memberikan rasa aman dan nyaman, baik kepada masyarakat maupun kepada perangkat yang bekerja sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan.

Kades Gondang Wahidin (Photo by js)
"Kondisi balai desa kami sudah berada ditaraf mengkhawatirkan, sangat rapuh dan berpotensi mengancam keselamatan jiwa kami yang ada disini karena bisa runtuh kapan saja," katanya.

Sesuai dengan hasil Musyawarah Desa (Musdes) yang digelar beberapa waktu lalu, pemerintah desa dan masyarakat Desa Gondang bersepakat untuk merenovasi balai desa yang telah berusia lebih dari 40 tahun ini dengan sumber dana yang diambil dari Penghasilan Asli Desa (PAD) ditambah swadaya masyarakat.

"Untuk bantuan dari pemerintah, sejauh ini baru datang dari Kementerian Desa senilai lima puluh juta. Dana itu sudah kami gunakan untuk pembelian material dan sebagian untuk membayar jasa desainer," imbuhnya.

Ancam Keselamatan Jiwa, Kades Gondang Robohkan Balai Desa (photo by js)
Selain itu, sejumlah terobosan tengah dilakukan Pemdes Gondang melalui BPD dan LPMD sebagai upaya mendapatkan dukungan dan perhatian khusus dari pemerintah daerah, baik pemerintah kabupaten maupun pemerintah provinsi. Dengan tujuan proses pembangunan balai desa yang direncanakan akan selesai dalam kurun 2 - 3 tahun kedepan, bisa dilakukan percepatan.

"Ini sifatnya mendesak, dan dalam waktu dekat ini kami akan menemui bupati untuk meminta petunjuk dan perhatian secara khusus dari pemerintah daerah, supaya proses pembangunannya bisa dipercepat, mengingat kondisi balai desa kami sudah tidak layak huni," tegasnya.

Terkait pembongkaran balai desa yang dilakukan oleh Pemdes Gondang, BPM. Wibowo selaku Camat Taman menyampaikan tanggapannya, selama yang dilakukan oleh pemerintah desa adalah untuk memenuhi kebutuhan pelayanan masyarakat dan pelaksanaannya tidak keluar dari aturan serta ketentuan - ketentuan yang ada, dirinya mempersilahkan Wahidin untuk merenovasi tempat kerjanya dan pihak kecamatan akan hadir sebagai pendamping desa. Apalagi menurutnya, balai desa adalah cermin dari kewibawaan pemerintah desa, jadi harus bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi siapapun yang ada didalamnya.*

Reporter : JS
Editor      : Oji

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Demi Pelayanan Terbaik Pada Warganya, Desa Gondang Berbenah

Terkini

Iklan