SMP PGRI 9 Pemalang Tawarkan Program Unggulan Dalam Membangun Karakter Dan Kualitas Siswa

PEMALANG - Penerimaaan dan pelantikan Penggalang Rakit dalam Perkemahan Jum'at - Sabtu - Minggu yang digelar di Bumi Perkemahan Semugih Banyumudal, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang pekan lalu, menjadi wahana yang dimanfaatkan SMP  PGRI 9 Pemalang dalam menanamkan nilai - nilai disiplin, sikap, tanggung jawab, kemandirian, kebersamaan dan keberanian kepada diri para siswa.

Menurut Priwantoro, SPd, Wakil Kepala Sekolah SMP PGRI 9 Pemalang saat ditemui di ruang kerjanya pada Selasa (17/09), Pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti semua siswa karena akan digunakan sebagai pedoman dalam memberikan penilaian pada raport. Selain itu, Pramuka juga menjadi kegiatan yang dinilai tepat untuk membentuk jati diri dan membangun karakter para siswa sebagai generasi pewaris bangsa.

"Jika dalam keseharian dirumah, mereka selalu mendapatkan pelayanan yang prima dari orang tua, di sini kami mendidik mereka untuk belajar hidup mandiri. Dimulai dengan mempersiapkan segala sesuatunya sendiri," katanya.

Perlu diketahui, ada banyak hal yang telah dilakukan SMP PGRI 9 dalam membangun karakter dan meningkatkan kualitas anak didiknya. Misalnya saja kegiatan religius atau keagamaan yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan para siswa, sekolah memberikan waktu khusus untuk melaksanakan shalat berjamaah dilingkungan sekolah sehingga tidak mengganggu atau mengurangi jam efektif belajar - mengajar.

Sedangkan melalui kegiatan ekstrakurikuler marching band, siswa dilatih menjadi pribadi yang memiliki keberanian, membiasakan diri tampil di depan umum, bekerja sama dengan tim, bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungannya.

"Sudah cukup banyak yang menggunakan jasa marching band kami, terutama untuk acara yang diadakan oleh lingkungan sekitar sekolah kami," ungkapnya.

Momentum diterbitkannya regulasi baru dari pemerintah yang menuntut pemerataan dalam dunia pendidikan (zonasi.red), merupakan kesempatan bagi SMP. PGRI 9 untuk mempromosikan diri kepada calon siswa, dengan menawarkan sejumlah program unggulan dan fasilitas komputer yang memadai.

Sementara beberapa SMP. Negeri di Pemalang belum memiliki fasilitas komputer yang memadai, SMP. PGRI 9 telah tercatat sebagai salah satu sekolah swasta yang mampu melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mandiri sejak tahun ajaran 2018/2019 lalu.

Dalam dua tahun terakhir, pihak sekolah menjalin kerja sama dengan salah satu grup Bimbingan Belajar (Bimbel) sebagai pemateri pada sosialisasi uji coba (try out) mengerjakan soal ujian nasional dengan menggunakan komputer kepada siswa kelas VI dari 27 Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Pemalang yang diundangnya.

"Kami menyediakan armada gratis untuk menjemput dan mengantar kembali siswa dari masing - masing SD. Alhamdulillah apa yang kami kerjakan mendapat tanggapan positif, mudah - mudahan kami dapat menjaga amanat ini dengan sebaik - baiknya," kata Priwantoro.*

Reporter : J'S

Sumber : emsatunews.co.id
Powered by Blogger.