Sobirin : Optimalkan Wisata Air, Pemdes Sungapan Launching WBS

PEMALANG - Sungapan adalah salah satu desa di Kecamatan/Kabupaten Pemalang dengan potensi sumber daya alam yang sangat menjanjikan. Letaknya yang strategis dengan akses memadai dan menjadi tempat bertemunya sungai - sungai yang mengalir dari wilayah Selatan, akan menjadi daya tarik tersendiri jika dikelola dengan baik.

Usai pimpin Musrenbangdes beberapa waktu lalu, Soleh Sobirin, Kades Sungapan mengatakan, dengan mengoptimalkan sumber air dan menyuguhkannya sebagai obyek wisata, dia meyakini akan berhasil menyedot banyak wisatawan dan akan berdampak terhadap meningkatnya taraf hidup masyarakat.

Oleh karena itu, pada Musrenbangdes yang lalu pemerintah desa menjaring semua usulan dan ide - ide konstruktif dari masyarakat sebagai dasar dalam menyusun rencana kerja pemerintah desa tahun 2020 mendatang.

"Kita akan membangun jembatan yang dilengkapi dengan berbagai ornamen dan taman supaya lebih menarik. Selain itu kita juga akan mendirikan dermaga sebagai lokasi start Wisata Bendungan Sungapan (WBS) yang bermuara di Taman Sefie Sungapan," katanya.

Sebagai langkah awal, Pemdes Sungapan akan menghidupkan kembali Bumdes yang mengalami mati suri, dengan merombak struktur kepengurusan, baru kemudian melakukan penguatan terhadap unit usaha yang sudah berjalan dan menambah unit - unit usaha baru.

"Kami akan mengganti pengurus yang kurang aktif dengan orang - orang memiliki kemampuan, kemauan dan waktu untuk mengelola BUMDes. Karena targetnya pada tahun ketiga masa jabatan saya, semua unit usaha harus berjalan dan WBS sudah launching," tegasnya.

Untuk diketahui, salat satu unit usaha Bumdes Sungapan yang sudah berjalan adalah internet desa, dan pada akhir tahun ini atau tepatnya menunggu pencairan Dana Desa (DD) tahap III, agen gas elpigi dan air mineral sebagai unit usaha baru, dipastikan akan berjalan. Sedangkan untuk WBS sendiri direncanakan launching pada tahun 2022 mendatang.

Dalam sejarahnya, bendungan yang telah berdiri sejak zaman kolonial ini telah memberikan sejuta manfaat bagi masyarakat. Namun dengan ide - ide kreatif, konstruktif dan inovatif, bendungan ini dapat disulap menjadi destinasi wisata yang akan membawa dampak positif bagi masyarakat Sungapan pada khususnya dan Kabupaten Pemalang pada umumnya.*

Reporter : JS
Powered by Blogger.