Desa Majakerta Lakukan Reboisasi

PEMALANG - Rumat Jagad pemuda Ciparuk Ds Penusupan,  Desa Majakerta bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Perhutani dan Instansi lainya serta komunitas pecinta alam mengadakan Fun Cam, shering konservasi dan  penanaman pohon bersama di bukit Ciparuk Dukuh Penusupan, Desa Majakerta, Kecamatan  Watukumpul , Minggu (29/12/2019).

Rumat ini bertujuan untuk menghijaukan lereng bukit Ciparuk  sehingga kesedian air, pangan, juga untuk  untuk mencegah terjadinya erosi.

"Rumat jagad ini mengambil   tema "mari kita hijaukan tanah iklas kita ini" ditandur wite, dirumat jagate, luber banyune, dadi bungah sekabehe," kata salah satu pemuda Desa Majakerta yang enggan disebutkan namanya dan juga tergabung dalam komunitas WDC dan Pemuda Ciparuk Bersatu.

Acara ini  dihadiri hampir 500 peserta pecinta alam lebih dari 30  komunitas  yang  berasal dari berbagia kota, tidak hanya Pemalang sendiri, dari kota lain pun ikut  berpartisipasi di antaranya  Semarang, Pekalongan, Brebes, Tegal, Purbalingga, Bumiayu dan komunitas pecinta alam  daerah lainya.

Tanpa mengenal lelah para pemuda dan masyarakat menanan tanaman untuk menghijaukan lereng gunung Dusun Ciparuk, Desa Majakerta, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang.

"Berbagai macam jenis pohon ditanam di bukit ini, hampir sekitar 1000 pohon," ujar Andi peserta  dari pecinta alam Katar Desa Jojogan.

Dari pohon yang ditanam  di antaranya jenis pohon trembesi, beringin, jati, karet kerbau, bulu, tidak hanya jenis pohon saja bibit buah buahan juga ikut ditanam di antaranya  sirsak, sawo pete bahkan aren untuk kesediaan pangan mahluk hidup yang ada di hutan dan masyarakat di sekitar hutan bukit Ciparuk.

Kelestarian ini harus dijaga untuk kehidupan anak cucu kita kelak, konservasi sumber mata air harus kita jaga untuk kehidupan bersama apresiasi sebesar besarnya dan setinggi tinginya untuk komunitas pecinta alam yang sudah hadir dan turut dan berpartisipasi untuk penghijauan hutan tak hanya dari komunitas pemalang sendiri  yang jauh jauh dari luar kota saya ucapakan banyak terima kasih ,tak lupa juga untuk perhutani dan Dinas Lingkungan Hidup, pemuda, ormas  dan masyarakat serta semuanya yang tidak bisa di sebutkan satu persatu yang dengan  iklas tanpa pamrih ikut dalam penghijauan bukit Ciparuk  ini," Umroni camat Watukumpul dalam sambutanya, yang turut hadir dan ikut menanam pohon untuk penghijauan. Acara ditutup makan bersama komunitas dan masyarakat.*

Reporter : Tresno
Powered by Blogger.