Kurniati Singkirkan 19 Peserta Tes Perangkat Desa Lainnya

PEMALANG - Desa Sarwodadi, Kecamatan Comal mengadakan kegiatan seleksi pengangkatan perangkat desa guna mengisi kekosongan formasi Kasi Keuangan dengan jumlah pendaftar dan dinyatakan lolos secara administrasi sebanyak 20 orang.Kegiatan seleksi yang dilaksanakan di aula balai desa setempat tersebut berjalan lancar tanpa ada kendala apapun.

Sekretaris panita seleksi  pengangkatan Perangkat Desa Sarwodadi, Tarsoni mengatakan kegiatan seleksi berlangsung dari mulai tanggal 6 hingga 15 Desember 2019 dengan melaksanakan serangkaian tahapan ujian yang diikuti para peserta.

" Dalam kegiatan seleksi pengangkatan perangkat desa di Desa Sarwodadi ini diikuti sebanyak 20 peserta yang sudah dinyatakan lolos administrasi pada saat proses pendaftaran.Dari 20 peserta ini, terdiri dari 13 peserta perempuan dan 7 peserta laki - laki, " terangnya saat ditemui di Balai Desa setempat, Senin (16/12/2019).

Mereka melaksanakan serangkaian tahapan ujian seleksi, meliputi ujian atau tes kesehatan yang dilaksanakan di Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang pada Jumat (6/12/2019).Kemudian ujian wawancara yang dilaksanakan di balai desa setempat pada Kamis (12/12/2019).Hasilnya satu orang dinyatakan gugur lantaran yang bersangkutan sakit.

Selanjutnya, pelaksanaan ujian praktik mengetik dengan komputer pada Sabtu (14/12/2019) dan hasilnya 2 orang juga dinyatakan gugur sehingga menyisakan 17 peserta untuk mengikuti ujian tertulis yang dilaksanakan pada Senin (16/12/2019).

Dalam pelaksanaan ujian tertulis ini, satu orang peserta atas nama Kurniati berhasil meraih nilai 86 dan merupakan nilai tertinggi pada hasil ujian tersebut.Dengan hasil itu, ia akan resmi menjabat sebagai perangkat Desa Sarwodadi untuk mengisi formasi Kasi Keuangan yang sebelumnya mengalami kekosongan setelah dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan nanti.

Dalam pelaksanaan serangkaian tahapan ujian seleksi ini, melibatkan tim penguji yang diambil dari tenaga pendidik untuk memberikan materi ujian kepada peserta sekaligus melakukan penilaian terhadap hasil materi yang diujikan dengan batas angka nilai kelulusan minimal 60.

" Untuk ujian wawancara dan ujian pratik mengetik dengan komputer masing - masing melibatkan 2 orang tim penguji dari tenaga pendidik.Semantara dalam ujian tertulis melibatkan 8 orang tim penguji tenaga pendidik bidang studi yang kemudian diseleksi kembali menjadi 5 orang tim penguji, dimana salah satunya menjadi koordinator.Dalam ujian tertulis ini, pembuatan soal dilakukan oleh tim penguji dengan cara diundi guna menghindari  terjadinya kebocoran soal ujian," terangnya.(Yanto).
Powered by Blogger.