Ratusan Warga Pemalang Keracunan

Warga yang keracunan mendapat perawatan di RSI Muhamadiyah Moga
PEMALANG - Ratusan warga Desa Karangsari, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena diduga mengalami keracunan setelah menyantap makanan di acara hajatan salah satu warga.

Tercatat tidak kurang dari 160 korban yang dirawat jalan dan 24 korban yang terpaksa harus dirawat inap di tiga lokasi berbeda, yaitu RS. Muhammadiyah Rodliyah Acid Moga, Klinik Asyifa Roja Moga dan Puskesmas Randudongkal.

"Hajatan digelar pada hari Kamis (05/12) kemarim, kemudian warga mulai berjatuhan pada malam harinya hingga Jum'at (06/12) siang ini," kata Dasuki, Kades Karangsari.

Menurutnya, karena jumlah korban yang terus bertambah, balai desa yang semula menjadi tempat bekerja para perangkat-pun disulap menjadi posko pengobatan, dengan menarik tenaga medis Puskesmas Pulosari, untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada warga.

"Kami buka posko di balai desa untuk menangani korban dengan tingkat keracunan ringan, jika tingkat keracunannya parah langsung dirujuk ke rumah sakit," terangnya.

Saat ditanya soal jumlah korban hingga saat ini dan penyebab keracunan, Dasuki mengaku belum bisa memastikan, yang jelas menurutnya, korban mengalami gejala yang sama beberapa saat setelah menyantap makanan tersebut.

"Rata - rata korban mengalami diare yang mengakibatkan lemas (dehridasi). Untuk jumlahnya belum dihitung lagi," pungkasnya.

Guna mendeteksi adanya korban susulan dan mengantisipasi keterlambatan penanganan kepada mereka, kemudian petugas medis dari Puskesmas Pulosari melakukan penyisiran wilayah Dusun Pesuruan - Karangsari.

Reporter : JS
Powered by Blogger.