SDN 5 Beji, Terdepan Dalam Prestasi

Siti Nuchasanah, S.Pd.SD., M.Pd., Kepala Sekolah Dasar Negeri 05 Beji, Taman, Pemalang, Jawa Tengah
Pemalang - "Siaaaaaap graaak, beri salam.. selamat pagi, Bu Guru..", petikan lantang suara Ketua Kelas menyiapkan seluruh siswa menyambut kedatangan sang guru untuk memulai kegiatan belajar mengajar di Sekolah Dasar Negeri 05 Kelurahan Beji, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. SD yang terletak di Jalan Seroja No 2 itu nampak elegan, bersih, indah, nan mengagumkan. Fasilitas, hingga kegiatan belajar mengajarpun terlihat lengkap. Bagaimana tidak. Lengkapnya sarana Unit Kesehatan Sekolah, tanaman apotik hidup, hingga himbauan untuk mengurangi sampah plastik pun seakan melengkapi sekolah yang terletak sekitar 100 meter di belakang Kantor Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Pemalang.

Faktor itu jugalah yang pada akhirnya berbuah manis, berkesan, terkenang. Kerjasama antara Kepala Sekolah, guru, hingga 247 siswa siswinyalah yang selalu terjaga harmonis nan indah. Kerjasama yang membanggakan hingga meraih prestasi bagi Sekolah, siswa, orang tua, hingga mengharumkan nama baik Kabupaten Pemalang ini.

Berikut beberapa prestasi SDN 05 Beji, Taman 2016 juara 1 Sekolah Sehat Tingkat Kecamatan se Kabupaten Pemalang.

Tahun 2017 sekolah sehat tingkat kabupaten juara pertama. Tahun 2018 juara tiga  sekolah sehat tingkat eks Karesidenan Pekalongan.

Tahun 2018 menjadi juara 1 Sekolah adiwiyata tingkat kabupaten. Tahun 2018 satu satunya sekolah dengan penghargaan Adiwiyata Propinsi Jawa Tengah.

Tahun 2019 mendapatkan juara 2 karya tulis ilmiah tingkah kabupaten.

Tahun 2019 menjadi salah satu model sekolah sehat Propinsi Jawa Tengah.

Tahun 2018 menjadi salah satu sekolah model uks, dari 4 sekolah.

Tahun 2019 Adiwiyata Propinsi Gubernur Jateng.

Titik pantau penilaian Adipura November 2019.

Tahun 2008 Peringkat 4 Lomba Inovatif Pembelajaran LIPI Jakarta.

 Finalis Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran tahun 2009 Depdiknas.

Segudang prestasi yang diraih oleh SDN 05 Beji, Taman ini nampak tak bisa seiring sejalan dengan kenyataan di sekitar sekolah. Kondisi akses jalan yang rusak parah serta penuh debu terlihat menjadi penghalang pihak sekolah untuk mengharumkan Kabupaten Pemalang di kancah nasional. Bagaimana tidak. Kondisi tersebut tampak tak terurus oleh Dinas Instansi terkait. Jalan kecil yang digunakan sebagai akses para siswa dan warga tampak hancur berantakan penuh debu yang dihasilkan dari proyek pembangunan perumahan yang lokasinya tak jauh dari sekolah tersebut. Proyek pembangunan perumahan yang tak tau siapa pemilik dan pengembangnya tersebut sangatlah mengganggu langkah serta gerak siswa dan warga dalam kesehariannya bahkan tanpa pemikiran perbaikan jalan dan kompensasi dari pihak pemilik dan pengembang proyek perumahan.

Seakan langgeng dengan urusan memperkaya diri sendiri, pengembang dan pemilik proyek terlihat tak bertanggung jawab mengembalikan kondisi lingkungan seperti sedia kala. Kenyataan tersebut juga diperparah oleh pihak dinas instansi terkait pengaspalan atau rabat beton jalan tersebut.

"Kami tak tau harus bagaimana lagi dengan keadaan ini. Kondisi lingkungan yang kurang perhatian dari dinas instansi terkait, nampak tak Bahagia dengan perjuangan kami mengharumkan Pemalang. Disatu sisi, kami berjuang sepenuh tenaga, jiwa raga demi mengharumkan pemalang. Disisi lain, adanya proyek perumahan yang letaknya tak jauh dari sekolah membuat jalan rusak, lingkungan penuh debu, dan tanpa sentuhan perawatan. Menjadikan kami tak bisa berbuat banyak," ungkapnya.

Ironisnya lagi, pihak Kelurahan Beji,  Kec. Taman, Kab. Pemalang, juga sama sekali tidak memikirkan keselamatan hingga faktor kesehatan warga sekitar, siswa siswi SMPN 3 Taman dan SDN 05 Beji, Taman, Pemalang, Jawa Tengah.

Hingga berita ini diturunkan, pihak pengembang pemilik proyek, serta dinas instasi terkait, belum ada respon.(dentang)
Powered by Blogger.