Tes Calon Perangkat Desa Surajaya Diikuti 8 Orang Peserta

Situasi Proses Pelaksanaan Ujian Tertulis Calon Perangkat Desa Dengan Jabatan Sebagai "Kadu IV", (18/12).
PEMALANG - Berlangsung dari Pendopo Desa Surajaya, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Provinsi  Jawa Tengah, kegiatan pelaksanaan ujian tertulis calon perangkat Desa dengan posisi sebagai "Kadus IV", para peserta tampak penuh konsentrasi dan ketekunan mengerjakan setiap soal ujian. Posisi Kadus IV yang awalnya kosong, jadi pembuka langkah Pemerintah Desa Surajaya untuk menyelenggarakan pemilihan Kepala Dusun Kemangmang.

"Awalnya karena Dusun IV atau Dusun Kemangmang itu Kosong, jadi kami mengadakan pemilihan calon Kepala Dusun tersebut," kata Wasno, Kepala Desa Surajaya.

Proses pendaftaran, tes wawancara, hingga ujian tertulis kali ini tampak diikuti para peserta dengan sepenuh hati demi pengabdiannya pada warga.

"Pada proses awal atau proses pendaftaran, terdaftar 12 orang peserta. Namun setelah pelaksanaan tes komputer atau tes ke 2, 4 orang peserta dinyatakan gugur. Kini tinggal 8 orang peserta. Untuk pembuat soal ujian tertulis berasal dari sekolah menengah atas negeri 3 dan sekolah menengah kejuruan negeri 1 Pemalang," kata Ketua Panitia Pemilihan Perangkat Desa Kadus IV, Muljono.

Ditambahkan oleh Kepala Desa Surajaya, Wasno, proses pelaksanaan perangkat desa dengan posisi sebagai Kadus IV ini dilaksanakan dengan sangat dan tanpa ada campur tangan orang lain.

"Oh ya sudah tentu. Kami sangatlah transparan dalam proses ini tanpa ada campur tangan orang lain," ungkapnya penuh semangat.

Muljono, menambahkan setiap orang peserta yang saat ini mengikuti ujian tertulis tidak diperkenankan saling mencontek jawaban, berkomunikasi melalui telepon seluler (HP.red).

"Dalam pelaksanaan ujian tertulis ini, peserta tidak diperkenankan mencontek, maupun berkomunikasi melalui hp," tandasnya.

Pelaksanaan ujian tes tertulis yang dilaksanakan di Pendopo Desa Surajaya, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, pada Rabu (18/12), diharapkan dapat mengabdikan diri sepenuh hati  dan menjadi harapan baru bagi para warga masyarakat serta lingkungan.

"Peserta yang nantinya lolos menjadi Kepala Dusun IV, diharapkan bisa mengabdikandiri pada warga masyarakat dan lingkungan serta bisa menjadi suri tauladan juga harapan baru bagi semuanya," pungkas Kepala Desa Surajaya.

Proses pelaksanaan ujian tertulis tersebut tampak syahdu dengan iringan kicau burung, dan hembusan semilir angin pagi ini. (Dentang).
Powered by Blogger.