Jaga Sumber Air Warga Belik Pemalang Tanami Hutan Lindung

Emsatunews.co.id, PEMALANG - Perhutani dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) bersama warga Desa Belik, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Jumat (24/1/2020) secara bersama-sama  melakukan penanaman pohon guna menjaga kelestarian sumber air di Desa Belik.

Penanaman  dilakukan di hutan lindung perbatasan Purbalingga, Pemalang, tepatnya di Desa Belik. Dan selain dari personil Perhutani, LMDH, warga masyarakat sekitar, juga hadir mahasiswa KKN dari Unsud (Universitas Jenderal Sudirman) Purwokerto.

"Jenis pohon yang ditanam di lokasi tersebut, dari jenis pohon karet, kemadu dan ndaru, karena jenis ini merupakan jenis pohon yang mudah sekali tumbuh jadi diharapkan lokasi hutan cepat rimbun sehingga mudah mengikat air dan menghalangi penguapan air," kata Isa Ansori Ketua LMDH Kecamatan  Belik.

Di tempat yang sama Yohan Haryanto Asper KBKBH Randudongkal menghimbau kepada masyarakat bahwa Perhutani membuka akses selebar-lebarnya  terkait dengan pemamfaatan lahan potensi hutan di bawah  tegakan, sepanjang tidak mengganggu tanaman pokok, seperti tanaman nanas," kata Yohan.

Dia juga menegaskan kepada masyarakat dalam melakukan penanaman harus ada legal formalnya," tegas Yohan Haryanto, Jum'at (24/1/2020) saat  di lokasi hutan lindung Belik. (Solihin K)
Powered by Blogger.