Kecamatan Watukumpul Laksanakan Musrenbang

PEMALANG - Kecamatan  Watukumpul, Kab Pemalang melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) tingkat Kec. Watukumpul Tahun 2020, Senin  (27/01/2020) di Pendopo Kantor Kecamatan, sesuai agenda Musrenbang tersebut dilaksanakan selama 2 hari yaitu dari tanggal 27-28 Januari  2020.

Hadir dalam acara tersebut  Drs Masrukhin (Anggota DPRD F Golkar Kab. Pemalang), Suwarno (Anggota DPRD F Nasdem Kab Pemalang), M. Safii (Anggota DPRD F PPP Kab.Pemalang), Sutiah (Anggota DPRD F PKB Kab.Pemalang), Muhamad  Akmal ( Anggota DPRD F KEADILAN SEJAHTERA), perwakilan OPD Kab Pemalang (Narasumber), Muspika Kec. Watukumpul.Ka Unit OPD Kec Watukumpul, Kades se Kec. Watukumpul, Ketua BPD dan LPMD se Kec Watukumpul, Kepala Pukesmas Danramil dan Kapolsek Watukumpul .

Camat Watukumpul Umroni menyampaikan bahwa Musrenbang tingkat Kecamatan Watukumpul tahun 2020 diharapkan menjadi forum yang menentukan dalam rangka mempertajam dan mensinergikan berbagai program pembangunan yang akan dilaksanakan selama satu tahun mendatang.

"Perlu kami sampaikan dalam Musrenbang ini satu-satunya kecamatan yang tidak memiliki jalur propinsi adalah Kec. Watukumpul, oleh karena itu dengan  kegiatan ini bisa memperjuangkan jalur yang melintas di Kec Watukumpul bisa menjadi jalur Propinsi sehingga akses perekonomian akan lebih mudah dijangkau," kata Umroni.

Banyak juga Produk unggulan yang ada di Kecamatan Watukumpul yang sudah terkenal yaitu produksi rumahan seperti  sapu glagah yang sudah berjalan lama sekali. "Namun  perlu kita kembangkan bersama dan akan kita perjuangkan agar bisa memiliki hak produksi," ungkap Umroni.

Musrenbang kecamatan merupakan forum musyawarh antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang di integrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten di wilayah Pemalang.

Tujuanya untuk menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang menjadi kegiyatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamtan Watukumpul dengan harapan penyelenggaraan musrenbang kecamatan berlangsung dengan baik,  efektif dan efesien untuk kemajuan pembangunan semua desa sesuai dengan undang undang, peraturan pemerintah, peraturan daerah dan peraturan menteri dalam negri.

"Musrenbang hari ini untuk tiap desa bisa menyepakati untuk kegiatan musrenbang, besok sudah masuk dalam penilaian yang menjadi usulan skala prioritas desa," imbuhnya.

M. Safii (Anggota DPRD F PPP Kab.Pemalang) yang sekaligus anggota dewan  dari dapil 5 menyamapikan  selamat mengikuti Musrenbang Kec. Watukumpul, semoga semua dapat membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kec. Watukumpul Tahun 2020.

Kecamatan Watukumpul ada 3 Desa yang melaksanakan pilkades dan akan dilaksanakan setelah pilkada dan kami akan mengusahakan perda tentang Desa pada bulan april dan tentang pilkades juga akan dibahas oleh karena itu perlu di sampaikan kepada kami tentang ketentuan Pilkades. Tahun ini tema pembangunan di Pemalang adalah  "pengembangan sumber daya manusia berkualitas menuju pemalang yang sejahtera " maka dari itu kita wajib berjati diri yaitu pembangunan dengan menggunakan hasil dari produk kita sendiri atau produk lokal karena  tentang kesejahteraan di Kabupaten Pemalang ini perlu ada perhatian khusus karena tingkat kemiskinan masih tinggi yaitu 15,9 % dan dana bantuan yang diberikan oleh pemerintah masih ada yang belum tepat sasaran oleh karena itu perlu ada pendataan yang lebih valid supaya bantuan itu benar-benar tepat sasaran yaitu pendataan dari tingkat bawah yaitu desa karena sampai saat ini ketimpangan masih terjadi yang tidak layak banyak yang tidak dapat bantuan.

"Kami juga sedang memperjuangkan bidang pendidikan yaitu tentang kesejahteraan tenaga pendidik wiakta bakti   agar bisa mendapatkan kesejahteraan sehingga lebih bersemangat lagi dalam kegiatan mengajar, tanpa kita sadari mungkin yang mengajar anak kita yang menyerdasakan anak kita adalah guru wiakta bakti karena setiap sekolah itu masih banyak guru PNS satu sekolah hanya 2 sampai 3 orang dan sampai saat ini para guru WB belum mendapatkan bayaran yang setimpal dengan ilmu yang diberikan.

Tidak hanya sektor pendidikan, M Safi'i juga menyoroti tentang kesehatan untuk masyarakat miskin agar semua program untuk mayarakat miskin tepat sasaran.

Drs Masrukhin (Anggota DPRD F Golkar Kab Pemalang)  menambahakan Program Bumdes yang sudah ada diharapkan bisa dikembangkan secara maksimal sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa dan anggaran untuk modal juga sudah ada alokasi dan ia berharap, dalam Musrenbang ini diharapkan bisa mengajukan skala prioritas ke Musrenbang tingkat kabupaten dan kita akan kawal agar bisa disetujui dan  terlaksana.
di waktu yang sama Yudya Laksono (Kabid Prasarana pengembangan Wilayah Bapeda Kab Pemalang) menyampaika bahwa Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Watukumpul ini dilaksanakan 2 hari dan diharapkan di hari pertama bisa mengajukan program yang nantinya akan di rangkum oleh tim dari OPD dan akan di bahas untuk di setujui.
Serta Permasalahan jumlah pengangguran di Kabupaten Pemalang ini masih tinggi sehingga harus ada cara penyelesaiannya yaitu  dengan dengan menyediakan lapangan pekerjaan dan pelatihan. Ia juga menyoroti angka kematian ibu dan anak juga masih ada sehingga Dinas Kesehatan baik di tingkat kabupaten dan kecamatan harus meningkatkan pemantauan dan kinerjanya. Serta Peningkatan sumber daya manusia menuju masyarakat Pemalang yang sejahtera. Acara dilanjutkan sesi tanya jawab dari masing masing perwakilan desa.
 Acara juga berlangsung live oleh Dinpermasdes
Kabupaten Pemalang  melalui sosial media .*

Reporter : Tresno
Editor      : Editor
Powered by Blogger.