Kodim 0711/Pemalang Gelar Peralatan Tagana

PEMALANG - Kegiatan apel gelar peralatan Tanggap Darurat Bencana Alam Kodim 0711  dibuka oleh Komandan Kodim (Dandim) 0711/Pemalang Letkol Inf. Irvan Christian Tarigan, M. Han. Acara berlangsung di  lapangan Makodim Jl. Brigjen Katamso No. 43 Pemalang, Senin (06/10/2020).

Tampak hadir dalam acara tersebut Kasdim 0711/Pemalang Mayor Kav. Hariyono, Para Perwira Staf Kodim, Danramil Serta Babinsa jajaran Kodim 0711/Pemalang.

Sebelum dibuka oleh Dandim,  seluruh peserta melaksanakan rutinitas apel  yang terdiri dari Danramil dan Babinsa kemudian seperti biasa melaksanakan upacara bendera  dan dilanjutkan kegiatan apel gelar peralatan Tanggap Darurat Bencana Alam (Tagana).

Dalam acara Kegiatan apel  gelar peralatan Tagana sebagai penanggung jawab  adalah Kapten Inf. Siswanto (Pasilog Kodim 0711 Pemalang ).

Letkol Inf. Irvan Christian Tarigan, M. Han selaku Komandan Kodim 0711 menyampaikan, dalam menyikapi musim penghujan tahun ini tentunya diperlukan  penyiapan dan perencanaan yang matang, khususnya dari aparat komando kewilayahan sehingga saat terjadi ancaman bencana alam atau lainnya, Kodim 0711/Pemalang mampu mengambil tindakan yang cepat dan tepat  menghadapi persoalan di lapangan, termasuk masalah tanggap darurat.

"Kegiatan Pengecekan peralatan Tagana ini harus terus menerus  kita lakukan agar menjadi suatu kebiasaan yang baik dalam berkoordinasi, apabila suatu hari terjadi situasi tanggap darurat, Kodim beserta instansi terkait sudah siap," kata Dandim.

Dandim juga menyampaikan penekanan dari  Kepala Staf Umum TNI,  yaitu semua kegiatan TNI memiliki payung hukum yaitu UU No. 34 pasal 7, bentuk TNI AD ini dimana semua aparat  teritorial harus mampu merekrut masyarakat yang berkualitas untuk menjadi anggota TNI AD yang berkualitas (minimal gagah dan Pintar).

"Pusat teritorial angkatan darat  harus mampu merumuskan dan menyusun modul secara komprehensif," pungkas Dandim  Letkol Inf Irvan Christian Tarigan, M. Han

Di waktu yang sana Kasdim 0711/Pemalang Mayor Kav. Hariyono, menyampaikan  Kasdim 0711/Pemalang telah mempersiapkan anggota baik Danramil dan Babinsa  juga Perlengkapan seperti dapur umum apabila terjadi bencana alam.

Kita tidak berharap kabuten Pemalang terjadi bencana. Tapi kita harus mengantisipasi dan siap  siaga kapan waktu ada bencana.*

Reporter : Tresno
Editor      : Oji
Powered by Blogger.