Menakjubkan, Aset UPK PNPM Mandiri Kecamatan Ulujami Capai 19 Miliar Rupiah


PEMALANG - Berdasarkan Laporan Tutup Buku Tahun 2019, Unit Pengelola Kegiatan (UPK) eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, tercatat memiliki aset senilai 19 miliar rupiah.

Terang saja pencapaian ini mendapat apresiasi dari Yanuar Nitibani, Camat Ulujami, Kabupaten Pemalang, pada Musyawarah Antar Desa (MAD), di Rumah Makan Kebun Bambu, Comal, baru - baru ini.

"Dari modal awal 119 juta, sekarang asetnya sudah mencapai 19 miliar rupiah. Ini luar biasa. Terlebih lagi, laba diperiode 2019 saja mencapai 980 juta," katanya.

Sejak bergulir pada tahun 2012, UPK Kecamatan Ulujami hanya berfokus kepada unit usaha yang berorientasi pada pemberdayaan perempuan, yakni Simpan Pinjam Perempuan (SPP). Dari itu, ia berharap ada variable lain agar UPK Kecamatan Ulujami semakin berkembang.

"UPK Ulujami berhasil menggerakkan ekonomi masyarakat dan mengentaskan kemiskinan. Tidak kaya, tetapi dengan pinjaman modal ini, paling tidakmereka bisa memiliki penghasilan setiap hari," begitu kata Supa'at, Ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD), Kabupaten Pemalang.

Sebagai informasi, laba atau keuntungan UPK eks PNPM Mandiri, Kecamatan Ulujami akan dibagi menjadi beberapa komponen, antara lain, pengembalian kepada anggota, penambahan modal bergulir dan dana sosial.

"Ya, ada pengembalian kepada anggota dan penambahan modal bergulir. Untuk dana sosial, sudah kami salurkan melalui program jambanisasi desa dan beasiswa bagi anak yang berasal dari keluarga tidak mampu," pungkasnya.

Reporter : JS


Powered by Blogger.