Meski Sakit, Bupati Pemalang H. Junaedi Resmikan Desa Sodong Basari


PEMALANG  - Pengambilan sumpah dan pelantikan penjabat Kepala Desa persiapan Sodong Basari berlangsung di Balai Desa Sodong, Rabu (15/1/2020) pukul 10:00 WIB.Acara dihadiri oleh Bupati Pemalang H. Junaedi, Forkopinca, Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Belik, tokoh masyarakat dan tentunya semua warga.

Sodong Basari adalah desa  persiapan pemekaran dari Desa Sikasur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemlaang, Jawa Tengah. Acara dibuka langsung oleh Bupati  Pemalang H. Junaedi, dengan pengguntingan pita dan penyiraman banyu panguripan sebagai tanda telah resmi dilantik.

Dalam sambutanya Bupati Pemalang H. Junaedi mengatakan bahwa persiapan Desa Sodong Basari  adalah desa yang bukan  secara tiba-tiba dibentuk.

" ini  semua melalui proses yang panjang dan cukup lama dari mulai jejak pendapat warga Dusun Sodong pada  bulan Desember 2009," kata Junaedi.

Dari warga masyarakat Dukuh Sodong  96,95 persen suara menyetujui dibentuknya Desa Sodong.  Selain itu, juga dilakukan obsvervasi oleh tim yang hasilnya Ds. Sodong perlu ditindak lanjuti.

Obsverfasi ini tentu saja melalui kajian beberapa tahap tentunya di dalamnya  kajian syarat-syarat pembentukan desa yang ditinjau dari segi usia batas desa induk jumblah penduduk sosial budaya sumber daya yang meliputi SDM, SDA dan sumber daya ekonomi pendukung.

"Meski beberapa lalu sempat berhenti dikarenakan adanya moratorium pemekaran desa dan kelurahan dari kementrian dalam negeri, namun syukur alhamdulilah saat ini sudah pada tahap pembentukan desa persiapan didasari dari peraturan Bupati Pemalang No. 92 tahun 2018 tentang pembentukan desa dan persiapan Sodong Basari.Bahwa berdasarkan ketentuan pasal 2, ayat 2 peraturan Bupati Pemalang No.92 tahun 2018 tentang pembentukan Desa Persiapan Sodong Basari, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang yang merupaka pemekaran dari Desa Sikasur.selain itu juga
berdasarkan surat badan pemasyarakatan desa tanggal 18 desember2019 no 141/13/BPD/2019 dan camat Belik  tangal 26 Desember 2019  No. 147/607/2019.

Bupati Pemalang juga memutuskan  melalui  keputusan Bupati  141/1110/tahun 2018 tentang Pengangkatan pejabat Kepala Desa Persiapan Sodong Basari, Ediyanto sebagai Penjabat Kepala Desa Persiapan Sodong Basari.

Bupati berharap Desa Persiapan Sodong Basari bersinergi, kuat dan kokoh sebagia salah satu modal dasar dalam membnagun Kabupaten Pemalang guna mewujudkan Pemalang hebat dan berdaulat.Acara ditutup dengan arak-arakan penjabat Kades Persiapan Desa Sodong Basari dan masyarakat sebagai rasya syukur.*

Reporter : Tresno
Editor      :  Oji
Powered by Blogger.