Sukses Dalam Pembangunan, Wonogiri Menjadi Desa Percontohan

Kades Desa Wonogiri H. Heri Agus Sugiyarto (Photo dok.)
PEMALANG - Wonogiri adalah salah satu desa di Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang yang berhasil mencetak prestasi mengagumkan.Keberhasilannya mengelola Dana Desa (DD), Tahun Anggaran 2019 dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana yang sesuai dengan spesifikasi, membuat Desa Wonogiri menjadi percontohan bagi desa lainnya .

H. Heri Agus Sugiyarto, Kades Wonogiri saat ditemui beberapa waktu lalu mengatakan, dalam kurun satu tahun terkhir Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) di desanya telah melaksanakan berbagai pembangunan fisik. Diantaranya, pengaspalan jalan, rabat beton, pembuatan saluran irigasi, drainase, pemasangan gorong - gorong, pembangunan gedung PAUD dan gedung perpustakaan desa.

Gedung Paud salah satu hasil pembangun infrastruktur di Desa Wonogiri, Kec. Ampelgading, Kab. Pemalang. (Photo by Js)
" TPK sudah melaksanakan tugasnya dengan baik. Pembangunan sarana dan prasarana sesuai dengan standar waktu dan spesifikasi. Alhamdulillah, beberapa bangunan ditetapkan menjadi percontohan untuk desa lain," katanya.

Kepiawaiannya dalam mempimpin, mengelola keuangan desa dan merangkul masyarakat menjadi kunci keberhasilannya dalam melaksanakan pembangunan desa. Adapun bangunan yang ditetapkan menjadi percontohan diantaranya, rabat beton, gedung PAUD dan gedung perpustakaan desa.

"Kami tanamkan spirit kebersamaan, gotong - royong, bahu - membahu dalam membangun berbagai fasilitas, sekaligus menjawab persoalan - persoalan desa," katanya.

Ditemui secara terpisah, Ari, ketua TPK mengamini apa yang dikatakan Heri. Ia menegaskan, secara umum pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana Desa Wonogiri sudah mencapai 85%.

" Ya, secara umum yang kami kerjakan sudah mencapai 85%. Sedikit lagi masyarakat bisa menikmati semua fasilitas yang mereka butuhkan," tegasnya.

Sesuai dengan program pemerintah pusat, tujuan digelontorkannya Dana Desa untuk membuka peluang kerja sebesar - besarnya bagi masyarakat. Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya, Pemerintah Desa Wonogiri melibatkan berbagai elemen masyarakat sehingga memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Reporter : JS
Powered by Blogger.