Camat Comal Gelar Do'a Bersama Di Makam Mbah Balut


PEMALANG - Dalam rangka menyambut Hari Jadi Pemalang yang ke 445 tahun 2020, Fauzan, Camat Comal gelar do'a bersama dan tabur bunga di Makam Kyai Subarkah di Dusun Balutan, Kelurahan Purwoharjo, Comal, Kamis (23/2/20) pagi.

"Kyai Subarkah adalah leluhur bagi masyarakat Dusun Balutan, Kelurahan Purwoharjo. Beliaulah yang memberi nama Balutan, itu sebabnya masyarakat setempat lebih akrab dengan nama Mbah Balut," katanya.

Kyai Subarkah beserta 2 saudaranya, Subayat dan Sujati datang dari Banyuwangi, Jawa Timur pada tahun 1813 untuk menyebarkan Agama Islam di Pemalang. Ia mendirikan pondok pesantren dan menetap disebuah perkampungan yang kemudian diberinya nama Balutan.

Kyai Subarkah meninggal dunia pada tahun 1828 dan jenazahnya dimakamkan di dalam ruangan pondok pesantren yang kemudian menjadi dijadikan sebagai tempat pemakaman umum.

"Ya, ini adalah bagian dari serangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menyambut hari jadi Pemalang ke 445 sebagaimana tradisi yang sudah berjalan selama ini. Tidak hanya itu, ziarah merupakan sebuah wujud penghormatan masyarakat kepada para leluhur yang harus dilestarikan," tandasnya.*

Reporter : JS


Powered by Blogger.