160 Pramuka Siaga, Ikuti Gelaran "Pesta Siaga KwarRan Taman 2020

Pemalang - "Pasukaaaan, Siiiaaaaaap Grak. Lapor, Upacara Pembukaan Pesta Siaga Kwaran Taman 2020, Siap Dimulai". Petikan lantang nan tegas, terdengar dari halaman SMAN 2 Pemalang. Sekolah dengan halaman luas ini dipilih jadi lokasi penyelenggaraan event bergensi di wilayah Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Event bertajuk "Pesta Siaga Kwartir Ranting Taman 2020" ini terlihat sangat meriah oleh penampilan 160 Pramuka Siaga. 160 peserta pesta siaga yang terdiri dari 8 Dabin (Daerah Binaan.red), dan 16 Barung ini tampil memukau dihadapan para juri di setiap taman, para kakak pembina (guru.red), serta orang tua siswa tersebut. Beragam aksesoris pun turut menghiasi para peserta dalam setiap penampilan di masing masing taman. Tak hanya tarian dan permainan tradisional, para peserta pun dituntut untuk mengeluarkan kemampuannya dalam menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh para juri di masing-masing taman.

Upacara pembukaan Pesta Siaga Kwartir Ranting Taman 2020, (15/2).
Dikatakan oleh Ketua Kwartir Ranting Kecamatan Taman, Sapto Sumadyo, yang disampaikan langsung oleh wakil Ketua Kwartir Ranting Kecamatan Taman, Khanafi, para peserta harus bisa menyelesaikan pertanyaan, tantangan, bahkan ujian yang diberikan oleh para juri ditiap taman atau tempat uji kompetensi. Dalam pesta siaga ini ada 8 buah taman, seperti taman seni budaya, permainan egrang, ketaqwaan, seragam pramuka, scoting skil (tali temali, arah mata angin), baris berbaris, siaga hebat (penghafalan bendera asean), bumbung kemanusiaan.

"Ada 160 peserta dari 8 Dabin yang terbagi dalam 16 barung putra putri. Dalam pesta siaga kali ini, ada 8 buah Taman, yakni, Taman ketaqwaan, seni budaya, siaga hebat, baris berbaris, scoting skil, seragam pramuka, permainan egrang, serta bumbung kemanusiaan," ungkap Wakil Ketua Kwarran Taman, Khanafi, (15/2)

Sementara itu, dikatakan oleh Kwartir Cabang Pemalang, Suharto, kegiatan Pesta Siaga Kwartir Ranting Taman diharapkan bisa melahirkan generasi penerus yang taat, berbakhti, berguna bagi Nusa dan Bangsa., pihaknya Juga mendukung penuh kegiatan kepramukaan yang ada di Kabupaten Pemalang.

Kegiatan Pesta Siaga ini juga sempat diiringi rintik hujan, namun sama sekali tidak menyurutkan para pramuka siaga untuk mengikuti kegiatan.

Ditambahkan oleh Kakak Siti Nurchasanah, Pembina sekaligus Kepala Sekolah Dasar Negeri 05 Beji, Taman, Pemalang., pesta siaga sebagai salah satu modal mencetak generasi millenial yang taqwa, berbudaya, siap sedia, tanpa pamrih, rela berkorban, hingga siap mengharumkan diri sendiri, keluarga, orang lain, termasuk kota kelahirannya.

"Sekolah kami diutus sebagai petugas upacara, mas. Ya kami berharap dengan adanya pesta siaga, bisa mencetak generasi millenial yang lebih baik lagi," pungkasnya. (Dentang).
Powered by Blogger.