Bupati Pemalang Minta Pers Tingkatkan Profesionalismenya Untuk Kemajuan Pemalang

PEMALANG - Hal itu disampaikan oleh Bupati Pemalang H. Junaedi pada pesan akhir sambutanya pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke 74 yang digelar di hotel R-gina Pemalang, Jawa Tengah pada Rabu (12/2) malam.

Sebelumnya, Juanedi menjelaskan bahwa Komunitas pers merupakan pilar demokrasi ke 4 dalam rangka membangun negeri, sehingga pers ini sangat dibutuhkan untuk menyampaikan warta, untuk menginformasikan kepada  semua stakeholder yang ada, termasuk kepada masyarakat.

"Bagaimana tentang peran serta kita apakah bersifat pribadi, bersifat kedinasan, itu tidak akan diketahui oleh masyarakat mana kala kita tidak ada kerja sama saling menguntungkan dalam hal ini pers," kata Junaedi.

"Saya yakin dan percaya bahwa informasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat berkaitan bagaimana tentang program-program pemerintah, bagaimana program-program dari organisasi, masyarakat, organisasi politik, organisasi-organisasi yang lain, itu salah satunya yang mewartakan adalah insan-insan pers di masing-masing komunitas atau organisasi dari pers itu sendiri," ujar Junaedi menambahkan.

Ia yakin dan percaya bila mereka dibekali pengetahuan yang mumpuni dan mematuhi kode etik, maka informasi yang diwartakan akan utuh dan sesuai dengan fakta.

"Dan saya yakin dan percaya informasi akan utuh mana kala insan-insan pers itu dibekali pengetahuan yang mumpuni. Dan mematuhi kode etik jurnalistik. Dan kita nyaman dengan pers yang ada di Pemalang," kata H. Junaedi.

Sementara itu, Kadis Kominfo Kabupaten Pemalang Nugroho Budi Raharjo memaparkan bahwa Pers merupakan pilar  demokrasi ke 4 di Indonesia, maka bila pilar ke 4 itu runtuh maka negara ikut runtuh.

"Lalu saat ini yang diperangi bukan perang secara fisik tetapi hari ini  bersama melawan hoaks, sekali lagi perang melawan hoaks, ini mau tidak mau, suka tidak suka, merupakan satu peran kita semuanya. Terima kasih kepada pers mudah-mudahan kita menyadari bersama sebagai pilar ke 4, kita bersama-sama mengetahui saat ini musuh virus  yang paling mengganaskan adalah hoaks," kata Nugroho Budi Raharjo.

Ia juga mengajak masyarakat dan pers membangun negeri ini dengan pers yang baik (Good Jurnalist).

"Mari bapak dan ibu semuanya sama jurnalis bersama-sama membangun negeri ini dengan sesuatu yaitu dunia pers yang baik (good jurnalist)," pungkasnya.


Acara yang bertajuk "Ngopi Bareng Pak  Bupati" ini dihadiri oleh Bupati Pemalang H. Junaedi, Sekda Pemalang M Arifin, Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf. Irvan Cristian Tarigan, Kapolres Pemalang AKBP Edy Suranta Sitepu, Kadis Kominfo Pemalang Nugroho Budi Raharo, Forpimda Pemalang, Komunitas Pers Pemalang, beberapa komunitas, Ormas dan tokoh masyarakat.*

Reporter : Roji
Powered by Blogger.