Jalan Amblas, Kades Kandang Minta Perbaikan Prioritas



PEMALANG - Banjir yang melanda wilayah Pemalang beberapa pekan terakhir, meninggalkan pekerjaan rumah bagi pemerintah. Jalan amblas di Dusun I, RT 07 / RW 02 Blok Kedungan, Desa Kandang, Kecamatan Comal merupakan salah satu lokasi yang hingga kini belum dilakukan perbaikan.

Terkait hal ini, Muhtadin, Kepala Desa Kandang mengaku telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Menurutnya, Fauzan, Camat Comal beserta jajarannya hingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang sudah meninjau lokasi. Akan tetapi, BPBD hanya melakukan penanganan sementara.

"Saya sudah menghadap Kepala BPBD Pemalang dan tim sudah turun ke lokasi. Tapi menurut beliau pak Wahadi, yang bisa dilakukan BPBD kabupaten hanya sebatas penanganan sementara. Sedangkan untuk perbaikan menjadi domainnya PSDA Provinsi Jawa Tengah," katanya.

Saat ini Muhtadin dan Pemdes Kandang hanya bisa menunggu jawaban dari pemerintah provinsi. Ia berharap perbaikan lokasi bencana di desanya mendapatkan skala prioritas, mengingat lokasi longsor sangat dekat dengan pemukiman penduduk dan beresiko kepada keselamatan mereka.

Sebagai informasi, sepuluh tahun yang lalu, jalan yang menjadi akses ekonomi bagi penduduk sekitar Desa Kandang ini juga mengalami hal yang serupa. Penyebabnya sama, arus air dan pusaran Kali Comal yang sangat deras pada saat banjir datang.

Muhtadin menegaskan, jika tahun ini (2020) perbaikan jalan dan tanggul ini tidak masuk dalam anggaran pemerintah provinsi, maka dengan sangat terpaksa Pemerintah Desa Kandang akan menggunakan Dana Desa (DD) untuk perbaikan.

"Kemarin sempat saya sampaikan dihadapan warga, ketika tahun ini tidak masuk kedalam anggaran provinsi, maka pemdes akan menggunakan Dana Desa (DD) untuk perbaikan," tegasnya.


Reporter: J'S

Powered by Blogger.