Kecamatan Warungpring Adakan Festival Budaya Bangkuncung

PEMALANG - Minggu (16/02/2020) bertempat di lapangan sepak bola Desa Cibuyur, Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang mengadakan festival budaya BANGKUNCUNG (Terbang, Kuntulan, Kenceran dan Calung), acara ini bertujuan untuk melestarikan budaya lokal,  untuk kemajuan Kecamatan Warungpring khusus dan Pemalang pada umunnya.

Tampak hadir dalam acara tersebut Sekda Kabupaten Pemalang Mohammad Arifin,  penggerak PKK Kabupaten Pemalang Hj Irna setiyowati Junaedi, Forkopimcam dan jajaran dinas lainya.

Gelar budaya ini diikuti oleh 6 desa se-Kecamatan Warungpring, setiap desa masing-masing mengajukan satu delegasi untuk mengikuti kegiatan tersebut sekaligus di lombakan, baik rebana, calung, kuntulan ataupun kenceran.

Sekda Kabupaten Pemalang M Arifin mewakili Bupati Pemalang H. Junaedi yang tidak bisa hadir menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang setinggi tinginya kepada seluruh masyarakat warung pring atas terselenggaranya acara Bangkuncung.

"Terbukti acara ini begitu meriah, semarak, masyarakat begitu antusias  mengikuti festival, ini adalah capaian yang terbaik untuk kemajuan budaya dan pariwisata  Kabupaten Pemalang, khususnya Kecamatan Warungpring Semoga kegiyatan budaya seperti ini terselenggara terus  dengan sukses dan meriah di masa yang akan datang," kata Bupati Pemalang melalui Sekda Kab. Pemalang M. Arifin.

Kuntulan adalah kesenian yang sangat menarik meski jarang kita jumpai, inilah kesenian termasyur dan menginspirasi serta menarik dan bernapas Islami dengan diiringi  gerakan pencak silat dan rebana.

Mohammad Arifin berpesan  kepada masyarakat Pemalang khususnya, Warungpring umumnya.

"Agar kegiatan seperti  ini terus dilestarikan,  akan kita libatkan semua elemen masyarakat sehingga mampu menjadi ajang promosi dalam perkembangan potensi pariwisata daerah," ujar M Arifin.

"Jangan merasa puas, teruslah berinovasi untuk meningkatkan gairah dan kemeriahan di tahun yang akan datang melalui kerja keras, kerja cerdas, kerja cepat dan kerja tepat. Saya mengajak semua pimpinan satuan perangkat daerah dan unit kerja yang lain agar dapat bersinergi dan mensuport kegiatan seperti ini demi terwujudnya misi Kabupaten Pemalang hebat, berdaulat, berjati diri, mandiri dan sejahtera, sebagaimana kita inginkan bersama. Sekali lagi selamat kepada seluruh masyarakat Warungpring atas suksesnya acara budaya seperti ini, " tandasnya.

Di tempat yang sama Camat Warungpring Sugiyanto juga menyampaikan rasa terimakasih kepada semua elemen masyarakat dari semua desa di Kec. Warungpring yang telah mensukseskan acara Bangkuncung dalam rangka merayakan hari jadi Kabupaten Pemalang yang ke 445.

"Dan kami selalu berusaha menggali potensi budaya dan potensi hasil  bumi serta kuliner yang ada di Warungpring agar semua potensi yang ada bisa tergali dan bisa muncul kepermukaan dan  akan kami adakan rutin setiap tahun," kata Camat Warungpring Sugianto.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Budaya Bangkuncung Basuki mengatakan, acara tersebut diadakan dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Pemalang ke 445.

"Acara ini terselenggara dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Pemalang yang ke 445 tahun  dan bertujuan untuk memperkenalkan  budaya Kecamatan Warungpring, kepada masyarakat luas melalui festival Bangkuncung ini, dan tentunya acara ini akan kita selenggarakan setiap tahun bertujuan agar potensi budaya lokal yang ada di Kecamatan Warungpring bisa terkemas dengan baik, melalu festival ini sehingga meningkatkan perekonomian warga Kecamatan Warungpring yang terkenal dengan durianya," kata Basuki.*

Reporter : Tresno
Editor      :  Oji
Powered by Blogger.