Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang Adakan Senam dan Pengobatan Gratis

KKN UPGRIS bersama Puskesmas  Melakukan Pemeriksaan Kesehatan dan Cek Gula Darah bagi Lansia Desa Samong, Kec. Ulujami, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. (Photo dok)
PEMALANG - Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang bersama Bidan Desa Samong menggelar senam sehat dan pemeriksaan gratis bagi Lansia (Orang Lanjut Usia)
Pemalang, di Kantor Balai Desa Samong pada Rabu  (4/2/2020) lalu. Senam sehat itu merupakan lanjutan dari salah satu program kerja mahasiswa KKN UPGRIS yang diselenggarakan rutin pada tiap hari Selasa, pada sebelumnya dilaksanakan pada hari Jum'at.

"Senam sehat ini melibatkan warga sekitar desa samong terutama pada ibu rumah tangga serta ibu Lansia yang berada di daerah Desa Samong," kata Anis salah satu mahasiswa   UPGRIS.

KKN UPGRIS bersama Puskesmas  Melakukan Pemeriksaan Kesehatan dan Cek Gula Darah bagi Lansia Desa Samong, Kec. Ulujami, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. (Photo dok)
Pelaksanaan senam pada hari kedua, cukup  banyak warga yang mengikuti. Mereka dengan antusiasnya mengikuti kegiatan senam di halaman Balai Desa Samong.

"Pelaksanaan hari kedua senam sehat ini cukup banya warga yang antusias dalam mengikuti senam yang dilaksanakan di balai kelurahan desa samong, kecamatan ulujami, kab. Pemalang," ujar Anis.

Sementara itu, bidan desa Erma menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa yang KKN di desanya.

“saya mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa KKN UPGRIS yang telah membantu menumbuhkan hidup sehat dengan melakukan program kesehatan berupa senam sehat, karena tentunya senam sehat ini membawa banyak manfaat bagi tubuh para Lansia dan ibu-ibu, sebab semakin bertambahnya usia maka aktivitas akan semakin berkurang, kebugaran tubuh juga akan berkurang. Sehingga keluhan-keluhan pegal-pegal, kakinya sakit yang dirasakan akan berkurang,” kata Erma.

Selain senam sehat, mahasiswa KKN UPGRIS juga melakukan pemeriksaan kesehatan gratis bersama bidan Desa Samong dan Pihak Puskesmas Rowosari. Pemeriksaan kesehatan gratis ini dilaksanakan gratis bagi Lansia yang memenuhi persyaratan usia, sedangkan untuk usia dibawah 60 dikenakan biaya 5000 lebih murah dari pemeriksaan sebelumnya.

Sebanyak kurang lebih 35 warga desa samong antusias dengan pemeriksaan kesahatan yang dilakukan di Balai Desa Samong. Pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksan gula darah, pemeriksaan kolestrol, pemeriksaan asam urat. Tujuannya dilakukan pemeriksaan gratis ini adalah meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Desa Samong, kemudian dapat memberikan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma (gratis) bagi usia lansia.

Kepala Desa Samong Dahuri  menuturkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat terutama bagi masyarakat yang kurang mampu yang ada di Desa Samong. Dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis bagi Lansia ini tentunya dapat mengakomodir segala keluhan kesehatan masyarakat Lansia yang ada di Desa Samong.

“Saya merasa senang dengan kegiatan semacam ini, karena dapat membantu untuk menjaga kesehatan warga Samong. Semoga kedepannya kegiatan semacam ini selalu ada, dan kalau bisa dilaksanakan secara rutin,” kata Dahuri Kades Samong.

Menjaga kesehatan merupakan kewajiban setiap individu.  Selain itu kesehatan membawa keuntungan untuk diri sendiri, terutama dalam hal aktivitas.

"Untuk menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan cara berolahraga, salah satunya yaitu melakukan senam sehat bagi tubuh sendiri dan rutin memeriksa kesehatan," imbuh Kades menambahkan.(edv/red)
Powered by Blogger.