Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang Adakan Whokshop Market Place

Penyampaian materi dari Bapak Rofian, M.Pd. pada Workshop Market Place di Balai Desa Samong, Kec. Ulujami, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. (Photo dok)
PEMALANG - Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang bersama pengusaha muda  Desa Samong, Kec. Ulujami, Kab. Pemalang mengadakan kegiatan Workshop Market Place. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Kamis (06/02/2020) di Balai Desa Samong. Kegiatan workshop tersebut merupakan kegiatan lanjutan SIBALUR (Sinau Bareng Sedulur) dalam program kerja konsep pengenalan E-commerce pada hari Jum'at (31/01/2020) dalam peningkatan mutu home industri Desa Samong. 

“Kegiatan workshop market place melibatakan warga sekitar Desa Samong terutama organisasi desa (Karang Taruna dan Jomunitas Banser) karena sasaran kegiatan tersebut lebih kepada generasi muda pelaku usaha di Desa Samong,” kata Imam selaku penanggung jawab kegiatan.

Pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan cukup kondusif  terlihat antusias masyarkat desa aktif bertanya dalam kegiatan workshop market place.

"Pertanyaan seputar bagaimana cara pendaftaran, giat berwirausaha, " ujar Talan selaku Ketua Karang Taruna.

Sementara itu pertanyaan lain mengenai konsistensi dalam berwirausaha dan berinovasi.

" Bagaimana cara pengembangan product usaha yang sudah ada," ujar Ida masyarakat Desa Samong.

Sementara itu, Rofian selaku pemateri  menyampaikan pesan kepada mahasiswa KKN UPGRIS bahwasanya kita harus optimis dalam kegiatan apapun.

”Saya mengucapkan terimakasih atas kerjasama Desa Samong dengan UPGRIS mari memajukan daerah Indonesia dengan berwirausaha. Karena dalam berwirausaha kita dapat mengembangkan perekonomin daerah dan ikut memajukan perekonomian Indonesia,” kata Rofian.

Sebanyak 40 warga Desa Samong mengikuti kegiatan workshop market place tersebut. Kegiatan antara lain, pengenalan profil pemateri, cara mendaftaran usaha ke starup seperti tokopedia, shoope, olx dan lain-lain, cara berinovasi dalam berwirausaha, berinovasi dalam packaging brand, logo  dan pemanfaatan gambar untuk desgin.

Kaur Administrasi Desa Samong Samsun menuturkan, kegiatan ini sangat bermanfaat terutama bagi masyarakat yang kurang mampu dalam pemikiran dan kurang mampu dalam finansial. Harapannya semoga kedepan kegiatan tersebut sering dilakukan karena berguna dalam kemajuan Desa Samong.

“Saya merasa senang dengan kegiatan ini karena berguna bagi masyarakat yang kurang mampu dalam finansial dan kurang mampu dalam wawasan berfikir dalam berinovasi, sehingga harapan saya kegiatan tersebut sering dilakukan entah dari KKN ataupun pemateri ahli dalam bidang-bidang tersebut,” kata Samsun. (Adv/anis/red)
Powered by Blogger.