Mahasiswa KKN UPGRIS 2020, Kenalkan E-Commerce Melalui SIBALUR

Tim Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang menyampaikan materi tentang E-Commerce kepada Karang Taruna di Desa Samong, Kec. Ulujami, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. (Photo dok)
PEMALANG - SIBALUR (Sinau Bareng Sedulur) merupakan kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang yang dilaksanakan di Posko KKN UPGRIS di Desa Samong, Jum’at (31/1/2020). Kegiatan tersebut berlangsung pukul 19.30—22.00 WIB. SIBALUR dilakukan untuk menjalin silaturahmi dengan Karang Taruna yang juga merupakan pelaku usaha konveksi Desa Samong sekaligus memperkenalkan E-Commerce.

Mahasiswa KKN UPGRIS 2020 memperkenalkan E-Commerce untuk memanfaatkannya sebagai bentuk pengembangan usaha secara online. Sebanyak 30 orang ikut hadir dalam kegiatan ini.

Wakil Ketua Kordes KKN Desa Samong, Fachriza Agung Pambudi menjelaskan antusias peserta Karang Taruna untuk mengenal E-Commerce cukup baik. Banyak pertanyaan yang dilontarkan. Pertanyaan dalam bentuk tanya jawab berdasarkan permasalahan yang terjadi di Desa Samong yaitu bagaimana cara pendaftaran pasar online (E-Commerce), permasalahan SOP, pendaftaran ijin usaha dan pembuatan logo design.

Hermawan Wicaksono selaku pemateri menyampaikan pengalamannya dalam berwirausaha lewat online. Menurutnya berdagang online lebih menguntungkan, kita tidak perlu membuka toko jadi modal untuk berjualan lebih banyak, jangkauan pemasaran lebih luas karena media online menjadi media promosi paling bagus, mudah, murah dan efisien.

Kegiatan SIBALUR ini akan berlanjut dengan adanya sosialisasi bersama ahli, harapannya melalui kegiatan ini masyarakat khususnya pemuda jauh lebih melek dalam pemanfaatan teknologi terutama dibidang E-Commerce sehingga pemasaran produk yang sebelumnya hanya secara konvensional bisa naik level dan jangkauan pasar lebih luas.(Adv/red)
Powered by Blogger.