Mahasiswa KKN UPGRIS Bangun Karakter Siswa Melalui Read Aloud Di Paud Terpadu TK Pertiwi Desa Samong

Mahasiswa KKN UPGRIS mendongeng bersama siswa PAUD Terpadu TK Pertiwi Desa Samong, Kec. Ulujami, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. (Photo dok)
PEMALANG- Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang mengadakan kegiatan dengan tema ”Membangun Karakter Siswa Melalui READ ALOUD”. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Senin (10/02/2020) di Paud Terpadu Tk Pertiwi Desa Samong. Sasaran dari kegiatan ini adalah peseta didik Paud Terpadu Tk Pertiwi, sebanyak 118 peserta didik yang mengikuti kegiatan tersebut. Peserta didik disini tidak untuk bermain, melainkan mengikuti dan mendengarkan dongeng yang disampaikan oleh mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang.

Yang menarik, acara yang dimulai pukul 08.00 WIB, ini adalah mahasiswa yang mendongengkan menggunakan media wayang, agar peserta didik lebih tertarik pada cerita yang disampaikan oleh mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang. Kegiatan Read Aloud ini masih jarang dilakukan di Paud dan TK Desa Samong.

Dengan adanya kegiatan mendongeng yang disertai dengan peraga ini peserta didik sangat antusias untuk mendengarkan cerita tersebut dan kegiatan ini berjalan dengan baik dan kondusif.

Sementara itu, Ibu Sutatik sebagai Kepala Sekolah Paud Terpadu Tk Pertiwi mendukung dengan adanya kegiatan ini.

“Dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UPGRIS sangat bermanfaat karena tidak ada mendongeng saja tetapi juga menggunakan media wayang sehingga dapat meningkatkan imajinasi anak,”
ujar Sutatik.

Dalam kegiatan ini mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang tidak hanya mendongengkan saja tetapi juga bermain dan bernyanyi bersama-sama.

Melalui dongeng bagi anak usia dini dapat memberikan sentuhan pendidikan yang kreatif, inovatif, cerdas, dan menyenangkan sehingga dunia bermain yang merupakan dunia anak usia dini tidak hilang begitu saja dalam kehidupannya.(Anisa/red)
Powered by Blogger.