Mensos Salurkan Bantuan Kepada Korban Banjir Di Pemalang


PEMALANG - Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari Peter Batubara mengunjungi dapur umum dan posko korban banjir di Desa Kaliprau, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, pada Rabu (26/2/20) sore.

Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Pemalang pada Senin (24/2/20) lalu, menyebabkan 12 desa di Kecamatan itu terendam banjir. Tercatat ada sekitar 1.200 keluarga atau 23.714 jiwa yang terpaksa harus mengungsi.

Hal inilah yang kemudian mendorong menteri untuk meninjau lokasi sekaligus menyalurkan bantuan kepada para korban. Adapun bantuan yang disalurkan senilai Rp. 320.492.330 dalam bentuk makanan siap saji dan peralatan seperti, kasur, selimut dan tenda gulung.

Mensos meminta pemerintah daerah (pemda) agar lebih responsif dalam menangani bencana dan melakukan pembenahan infrastruktur vital di wilayah langganan banjir.

"Saya dengar wilayah ini menjadi langganan banjir. Saya minta kepada Pemda dan dinas terkait lebih responsif dan matang dalam melakukan penanganan bencana," katanya.

Selain itu, Kementerian Sosial juga mengerahkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk mengoperasikan dapur umum yang harus menyediakan sekitar 9.500 nasi bungkus setiap harinya.

"Intinya ini adalah tanggung jawab bersama. Karenanya, kami berkewajiban menanggung beban saudara-saudara yang terdampak banjir," pungkasnya.

Reporter : Trez / J'S



Powered by Blogger.