Si Jago Merah, Hanguskan 6 Ribu Ekor Ayam

PEMALANG - Nasib naas menimpa H. Wahyono dua kandang ayam miliknya, yang berada di Dusun Brobahan RT. 01/RW. 01,  Desa Majakerta, Kecamatan Watukumpul hangus terbakar, Sabtu (22/2/2020) dinihari sekitar pukul 03:30 WIB. Dugaan sementara, peristiwa itu dipicu oleh percikan api dari  pemanas kandang yang menggunakan briket batu bara, karena  bangunan kadang ayam menggunakan bambu dan kayu, sehingga mudah terbakar. Akibat peristiwa itu, kerugian mencapai puluhan juta.
       
Tarmo yang rumahnya bersebelahan dengan kandang menceritakan, bahwa pagi itu bener-bener sangat menegangkan, seperti biasa menjelang subuh ia bangun, tapi kaget melihat banyak asap yang masuk ke dalam rumahnya. Dia pun bergegas melihat ke jendela sungguh mengejutkan, api dari kandang ayam yang berada di sebelah rumah sudah membesar dan nyaris merembet ke dapur rumahnya.

"Saya pun spontan keluar dan berteriak teriak meminta tolong, sehingga warga sekitar berduyun-duyun datang untuk membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya," kata Tarmo.

Hal senada juga diceritakan Tuslani yang rumahnya tepat di sebelah timur kandang ayam. Dia berteriak meminta tolong.

"Alhamdulilah berkat kesigapan warga dan api bisa di padamkan sekitar pukul 04.00 dan beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini," ujarnya.

Dalam kebakaran ini  kerugian ditaksir mencapai puluhan juta karena semua ayam yang berjumlah 6.000 ekor yang ada di dalam kandang juga hangus terbakar.

Atas kejadian tersebut semoga masyarakat untuk lebih berhati-hati lagi dan selalu waspada apalagi peternak ayam yang menggunakan pemanas api manual  dan kandang ayam yang terbuat dari material bambu dan kayu sangat mudah terbakar.*

Reporter : Tresno
Editor      : Oji
Powered by Blogger.