Bupati Pemalang, Petugas Medis Harus Sehat Dulu Sebelum Tangani Pasien




PEMALANG - Bupati Pemalang, H. Junaedi cek kesiapan ruang isolasi dan paramedis RSUD dr. Azhari Pemalang, Sabtu (28/3/20) siang. Hal ini diakukannya dalam rangka persiapan penanganan awal dan perawatan jika nantinya ada pasien yang positif terjangkit Covid-19.

“Kita cek sejauh mana kesiapan mereka manakala ada pasien yang positif Covid-19. Dan saya sampaikan disini, sebelum merawat pasien, teman-teman perawat atau paramedis ini harus dipastikan kesehatannya terlebih dulu,” ujarnya.

Bupati menegaskan, penetapan karantina wilayah atau lockdown yang akhir-akhir ini kerap didengungkan masyarakat, dinilainya tidak relevan dengan situasi yang ada. Faktanya, berdasarkan data gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 yang diterimanya, hingga kini tidak ada (Nihil) warga Pemalang yang ditetapkan positif-19.

“Karantina wilayah ?, belum perlu-lah. Sejauh ini Kabupaten Pemalang masih aman dan mudah-mudahan selalu aman, walaupun sudah ada ODP dan PDP," tandasnya.

Sementara itu, dr. Sunardo, Plt Direktur RSUD dr. Azhari Pemalang menyatakan kesiapannya jika nantinya harus menangani pasien yang positif terjangkit Covid-19.

“Sangat siap, ruang isolasi berikut fasilitas untuk pasien Corona sudah disiapkan, petugas medis dan perlengkapan alat pelindung diri (APD) juga sudah kami siagakan. Ada 24 personil yang akan dibagi menjadi 6 shift kerja,” terangnya.

Menurut Sunardo, bagi paramedis yang nantinya menangani atau merawat pasien Covid-19, maka akan dikarantina di ruang isolasi yang telah disediakan RSUD dr.Azhari hingga masa perawatan pasien selesai.

Penulis: Jumanto Sastro

Powered by Blogger.