Cegah Covid-19, Petugas Gabungan Periksa Para Pemudik Yang Baru Tiba

PEMALANG - Dalam beberapa minggu ini merebak kabar tentang Covid-19 menghantui seluruh masyarakat  indonesia bahkan menjadi momok yang menakutkan. Virus Corona atau Covid-19 yang sudah menyebar ini telah menyebabkan terhentinya berbagai kegiatan di masyarakat, dari pendidikan, perekonomian dan kegiatan lainya yang melibatkan kumpulan orang banyak. Seiring dengan semakin membengkaknya jumlah pasien yang diduga terpapar virus corona, meskipun dari Kab. Pemalng sendiri sampe saat ini tidak ada yang positif terpapar virus itu berdasarkan informasi Dinas Kesehatan Kabupeten pemalang.

Dalam hal itu masyarakat yang di perantauan melakukan mudik, dari pantauan awak media di Kecamatan Watukumpul dari Senin (23/3) malam sampe menjelang siang ini sudah hampir 200 pemudik.

Maka dari itu Polsek Watukumpul bekerjasama dengan Koramil serta Puskesmas Watukumpul melaksanakan razia dan melakukan sterilisasi kepada penumpang travel sekaligus dengan melakukan penyemprotan desinfektan pada Senin (23/3/2020) malam hingga sampai saat ini.
Hal itu bertujuan untuk meminimalisir merebaknya virus Covid--19 (corona).

Kapolsek Watukumpul AKP Muawan Subagyo
menghimbau kepada para pemudik untuk selalu  di rumah saja, guna menghentikan penyebaran virus dan jangan mondar mandir. Sementara waktu keluar dari wilayah sampai pengumuman dari pemerintah lebih lanjut.

"Dan kami akan selalu memberikan sosialisasi ke desa-desa di seluruh wilayah Kecamatan Watukumpul agar mematuhi segala himbauan dan larangan dari pemerintah," kata Kapolsek.

Fitria Nursinta, S Kep. petugas medis Kecamatan Watukumpul yang ikut turun langsung dalam razia itu menjelaskan, ini mereka lakukan agar penularan wabah virus corona dapat di minimalisir.

"Karena pemudik rawan membawa virus dari luar daerah dan kami mengharapkan kepada pemudik dan masyarakat khususnya  untuk melakukan intruksi sesuai dengan 8 protokol  untuk pemudik, bagi yang sudah terlanjur mudik ke kampung halaman, tetap di rumah untuk 14 hari ke depan. Jika datang ada keluhan segera lapor kepada pemangku desa/tenaga kesehatan terdekat," kata Fitria Nursinta, S.Kep.

Jika datang ke kampung halaman ada keluhan, sebelum tiba di rumah periksakan diri ke pelayanan kesehatan terdekat.

"Karena mencegah Lebih baik daripada mengobati," tandasnya.*

Penulis : Tresno
Editor    :  Oji
Powered by Blogger.