Cegah Penyebaran Covid-19 Pemkab Pemalang Semprot Fasilitas Umum Dengan 10.000 Liter Disinfektan


PEMALANG - Sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, Pemkab Pemalang melalui BPBD semprot fasilitas umum (Fasum) disepanjang Jln. A Yani, Jln. Kolonel Sudiono, Jln. Pemuda, Jln. Gatot Subroto dan Jln. Suro Hadikusumo dengan menggunakan 10.000 liter cairan disinfektan, Jum'at (27/3/20).

“Hari ini ada dua tengki untuk menyemprot fasum disepanjang jalan protokol. Sedangkan untuk fasum yang ada di gang-gang, kita lakukan penyemprotan secara manual,” kata Sekda Pemalang, Mohammad Arifin.

Rencananya pekan depan Arifin akan melakukan penyemprotan menggunakan barakuda atau water canon sebagai mana yang dilakukan di Kota Purwokerto, karena dinilainya lebih efektif.

“Ya, di Purwokerto sudah dilakukan, dan hasilnya maksimal. Untuk itu, saya akan mencoba berkoordinasi dengan teman-teman, supaya bisa diterapkan di Pemalang,” imbuhnya.

Ditegaskan oleh Arifin, penyemprotan tidak akan berdampak jika hanya dilakukan sekali saja. Untuk itu, tindakan pencegahan ini dilakukan secara rutin dan berkala sampai dengan Covid-19 benar-benar lenyap dari Pemalang.

“Jadi, kalau kita semprot berkali kali di tempat yang sama bukan berarti kita melakukan pemborosan. Ini semata-mata untuk memusnahkan Covid-19 dan menjaga kelangsungan hidup kita semua,” pungkasnya.

Penulis/editor: Jumanto Sastro
Powered by Blogger.