Ganjar Pranowo Viralkan Kaos Desa Cawet

PEMALANG - Ada yang lagi viral akhir-akhir ini di jagad media sosial baik instagram, twiter dan facebook. Pasalnya nama desa yang unik di salah satu wilayah di Kabupaten Pemalang, di branding di kaos dan dikenakan oleh orang nomer  satu di Jawa Tengah Ganjar Pranowo. "CAWETKU, CAWETMU, CAWET  KITA" itulah moto Desa Cawet, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang yang dijadikan branding di kaos yang dipakai oleh Gubernur Jawa Tengah ketika mengunjungi desa tersebut.

Baca juga : Taman Bundaran Sukorejo Cocok Buat Ajak Anak Bermain

Hal itu bermula saat minggu yang lalu Desa Cawet menjadi trending topik di twiter, kemudian beberapa hari yang lalu ketika ada kunjungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ke Desa Majalangu untuk melakukan penanaman pohon, Kades Desa Cawet Taufik Saleh memberikan kenang-kenangan kaos yang bertuliskan  "Cawetku, Cawetmu, Cawet Kita" dan itu sempat viral di jagad Medsos Kabupaten Pemalang.

Dan hari ini Minggu (8/03/2022) di acara Car Free Day (CFD) di Jalan Dago Kota Bandung, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkenan memakai kaos itu dan berselfie ria dengan pengunjung CFD hingga menggegerkan lagi Desa Cawet sendiri dan jagad Medsos Pemalang khususnya.

Banyak yang bertanya-tanya apa sih arti Desa Cawet sendiri ? Karena banyak yang menghubungkan kalo cawet sendiri itu artinya celana dalam.

Menurut Taufik Saleh selaku Kades, sebenarnya arti Cawet berasal dari kata "Cai Awet" yang artinya air abadi, itu dari bahasa sunda, kalau disimpulkan cawet adalah desa yang kalau musim kemarau susah air, diharapkan dengan nama itu Desa Cawet tidak akan kekurangan air, di Desa Cawet sendiri memang ada sumber mata air yg besar bahkan cukup untuk mensuplai dua desa yaitu Desa Cawet dan Desa Medayu.

"Bahkan di musim kering pun sumber mata air itu masih mengalir namun sayang sumber mata air yang diberi nama sumber mata air Sidomas terletak di gomblang lebih rendah dari pemukiman Desa Cawet sehingga kurang maksimal dalam pemanfaatnnya," kata Taufik Saleh.

Baca juga: KPU Pemalang Lantik ASN Menjadi Sekretariat PPK

Kabar simpang siur juga mewarnai asal usul Desa Cawet. Menurut tokoh masyarakat babad Desa Cawet  berasal dari tokoh sepuh bernama mbah Cawing Tali yang konon pada saat itu hanya menggunakan kain yang diikatkan untuk penutup alat kelamain sehingga warga menghubungkan nama tersebut (mbah Cawing Tali) dengan nama Desa Cawet.

"Bahkan ada yang mengatakan singkatan dari nama mbah Cawing Tali, namun itu semua belum terkuak semua asal usul Desa Cawet yang sebenarnya," ujar M. Taufik.

Desa Cawet memang unik tidak hanya di Pemalang sendiri di luar daerah saja kalau mendengar nama Desa Cawet pasti bertanya-tanya dan mengundang gelak tawa, unik aneh tapi  ya emang ada," imbuhnya.

Banyak komentar yang lucu unik serius dan mengundang tawa di sosial media.Tapi itulah keunikan salah satu desa di Pemalang selatan di Kecamatan Watukumpul.

"Untuk moto ," Cawetku, Cawetmu"  cawet kita menurut Taufik Saleh selaku Kades Desa Cawet,  bertunjuan hanya untuk  mempersatukan dan merasa  memiliki bahwa Desa Cawet milik kita semua dan tanggung jawab kita bersama warga Desa Cawet," pungkasya.*

Reporter : Tresno
Editor      :  oji
Powered by Blogger.