Calon PPS Di Pemalang Mengikuti Computer Based Test (CBT)


PEMALANG - Minggu (1/3/20). Bertempat di Laboratorium Komputer SMA Negeri 1 Bodeh, sebanyak 125 calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, mengikuti tes berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT).

Wifi Nugroho, Ketua PPK Bodeh membenarkan hal tersebut. Menurutnya, pelaksanaan tes CBT dibagi menjadi tiga sesi. Alasannya adalah banyaknya jumlah peserta (calon), keterbatasan tempat dan jarak tempuh dari rumah peserta di beberapa wilayah relatif jauh.

"Ya, hari ini tes CBT calon PPS yang lolos seleksi administrasi. Ada 125 peserta dari 19 desa. Untuk pelaksanaannya kami bagi menjadi tiga sesi dengan pertimbangan jarak tempuh dari beberapa wilayah yang relatif jauh " kata Nugroho.

Setelah ini, sambungnya, peserta akan mengikuti tahapan wawancara, baru kemudian menetapkan tiga peserta terbaik sebagai petugas PPS untuk masing-masing desa. Nugroho sendiri mengaku tidak menemui kendala berarti dalam pelaksanaan seleksi ini. Terlebih, penggunaan sistem CBT, semakin memudahkan kerja PPK, karena hasil tes para peserta dapat dilihat secara langsung.



Sementara itu, Puji Rahayu, ketua Panwascam Bodeh menyebut pihaknya melakukan penyisiran disetiap tahapan. Ia ingin memastikan bahwa petugas PPS yang terpilih nantinya adalah mereka yang benar-benar bersih, tidak terganjal aturan periodesasi (dua kali menjabat secara berturut-turut) dan tidak tercatat aktifis partai politik. Tujuannya adalah menjaga netralitas petugas PPS demi suksesnya Pilkada yang berkualitas dan bermartabat.

"Kami sisir setiap tahapan, kami ingin mendapatkan PPS yang bersih, tidak terganjal aturan periodesasi. Selain itu, kami juga ingin memastikan bahwa tidak ada aktivis partai politik yang lolos menjadi petugas PPS," tegasnya.

Reporter : J'S

Powered by Blogger.