Bupati Pemalang Buka Pesta Siaga Tingkat Kwartir Cabang Pemalang

PEMALANG - Gerakan Pramuka merupakan pendidikan ektra intra sekolah atau Ekskul. Akan tetapi pendidikan kepramukaan merupakan penunjang pendidikan di sekolah maupun dalam lingkungan keluarga di antaranya mengenai disiplin, ketrampilan, persaudaraan bakti terhadap masyarakat dan pembentukan watak.

Gerakan Pramuka dalam melaksanakan kegiatannya menggunakan metode pendidikan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metodik Kepramukaan, yang penggunakannya disesuaikan dengan keadaan dan khususnya perkembangan anak, pemuda, keluarga, dalam bermasyarakat.
   
Selanjutnya dalam pesta siaga akan melatih disiplin, patuh, tenggang rasa, tanggung jawab, kesadaran berbangsa dan bernegara, jiwa nasionalisme, dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan didukung oleh ketahanan jasmani dan rohani. Juga Kegiatan Pesta siaga tersebut berfungsi secara tepat dan berdaya guna diperlukan pengaturan pendidikan dasar kepramukaan dan metodik kepramukaan dan dilaksanakan sesuai dengan kepentingan, kebutuhan situasi dan kondisi masyarakat.

Baca juga : Ciptakan Wilayah Kondusif, Babinsa Sangkrah Laksanakan Patroli Malam

Atas terealisainya hal tersebut Bupati Pemalang H. Juanedi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kwarcab Pemalang yang telah secara rutin menyelenggarakan kegiatan ini. Hal ini merupakan komitmen dalam turut serta membina generasi muda khususnya dalam kegiatan kepramukaan. Ia berharap pesta Siaga ini mendatangkan hasil positif tidak hanya sukses dalam pelaksanaannya namun juga sukses melahirkan kader-kader pramuka yang handal yaitu generasi muda yang cerdas, kreatif dan siap menghadapi tantangan zaman.

"Sebab melalui pramuka anak-anak kita akan ajarkan bagaimana bersosialisasi dengan teman serta lingkungan selainitu anak-anak juga akan dilatih menjadi pribadi-pribadi mandiri serta memiliki budi pekerti yang baik," kata Bupati dalam sambutan  pembukaan Pesta Siaga tingkat Kwartir Cabang Pemalang di obyek wisata Jambe Kembar Belik, Selasa (10/02/2020) lalu.

"Saya sangat bangga dan bahagia melihat kesiapan dan kedisiplinan adik-adik peserta upacara Pesta Siaga. Hal ini membuktikan adik-adik merupakan kader-kader pramuka unggulan dengan ketrampilan yang mumpuni," ujar Junaedi.

Baca juga: Bupati Pemalang Himbau Masyarakat Agar Tidak Panik Dan Tetap Tenang

" Saya minta kepada  adik-adik peserta dapat mengikuti setiap tahapan kegiatan dengan baik patuhi dan ikuti setiap petunjuk dari pembina dan pendamping, jaga kesehatan, jaga kekompakan dan ikuti Pesta Siaga ini dengan riang gembira. Dan ingat baik-baik di zaman globalisasi ini tekhnologi sungguh luar biasa bijaklah dalam penggunaan gadget jangan sampai untuk hal yang tidak bermanfaat, hindari kecanduan main game dan jangan segan bartanya dan minta nasehat kepada orang tua. Manfaatkanlah tekhnologi untuk kegiatan mandiri yang berdampak positif dan kreatif untuk kemajuan bangsa," tandasnya.

Di tempat yang sama Suhartoyo, S.Pd selaku Ketua Panitian Pesta Siaga tingkat Kwartir Pemalang menyampaikan, diselengarakannya Pesta Siaga dimaksud untuk menggelar wahana pertemuan para pramuka Siaga yang berisi acara kegiatan bersama antar perindukan, mulai dari tingkat gugus depan Kwartir Ranting dan Kwartir Cabang agar membina dan mengembangkan semangat kekeluargaan dan persaudaraan antar sesama pramuka Siaga, sehingga membentuk pribadi yang tangguh, mandiri, disiplin dan meneruskan  nilai-nilai pejuangan.

Turut hadir dalam acara tersebut jajaran Forkompimda, OPD, Kapolsek se-Kabupen Pemalang, Para Camat , Kepala Desa  se Kecamatan Belik, Kepala Sekolah, pramuka veteran dan masyarakat umum.(Trezno)
Powered by Blogger.