RSUD Azhari Beri Klarifikasi, Terkait Adanya Isu Salah Satu Warga Kab Pemalang Yang Diduga Terindikasi Terjangkit Virus Corona

PEMALANG - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. M Ashari Pemalang menggelar konferensi pers terkait adanya isu salah satu warga Kab. Pemalang yang diduga terindikasi terjangkit Virus Corona, pada Kamis (5/3) sore.

Dalam konferensi pers yang dipimpin Plt. Direktur RSUD M Ashari Kab. Pemalang Dr. Sunardo, Sp. THT bersama Tim Penanganan Virus Corona menjelaskan bahwa Pasien merupakan kiriman dari Puskesmas Kalimas Kec. Randudongkal, Kab Pemalang ke RSUD M Ashari Pemalang dengan keluhan mengalami batuk ( 1 hari terakir) dan tenggorokan sakit ( 3 hari terakir ) dan pasien sudah berobat ke salah satu dokter spesialis THT di Pekalongan dengan kondisi saat ini pasien dalam keadaan baik, stabil ( sadar penuh ) dan tidak demam.

Baca juga : Kodim 0711/Pemalang Gelar Latbakjatri

"Dikarenakan sudah berobat ke dokter spesialis THT di Pekalongan tidak ada perubahan dan masih mengalami sakit, sehingga pasien berobat ke Puskesmas Kalimas Randudongkal. Kemudian dari puskesmas langsung di rujuk ke RSUD M Ashari Pemalang," kata Dr. Sunarso, Sp. THT pada Kamis (5/2).

"Pada siang hari tadi telah kami lakukan pemeriksaan sesuai dan hasil peneriksaan paru-parunya tidak ada tanda-tanda terinveksi virus corona ( Covid 19) akan tetapi di karenakan pasien baru pulang dari Singapur tanggal 15 Februari 2020  dan kita tahu bahwa Singapur merupakan salah satu yang terdapat banyak pasien Corona maka kami lakukan prosedur sesuai SOP penanganan Virus Corona, dari hasil pemeriksaan foto torak ( paru-paru mengalami inveksi paru yang kita sebut Pneomonia / Radang paru-paru yang dapat disebabkan oleh bermacam faktor seperti bakteri, virus, jamur atau benda asing yang masuk ke saluran atau parenkim paru.) dan dari hasil semple darah yaitu terdapat inveksi bakteri bukan hal lain," imbuhnya.

Baca juga : Stabilkan harga bahan pokok, Komite Pedagang Pasar Pakai Produk Bulog, Dirikan Rumah Ekonomi Rakyat & Aplikasi

Akan tetapi dikarenakan pasien masuk dalam daftar kriteria pengawasan kemudian Tim Penanganan Virus Corona Kab. Pemalanh, lakukan rujukan ke RSU yang menjadi rujukan pasien Virus Corona yaitu di RSUD Kardinah Tegal.

"Terkait surat-surat ( ceklis ) sitem rujukan dan sudah konfirmasi ke dokter sepesialis yang menangani dan saat ini pasien sudah diterima di RSUD Kardinah Tegal," ujarnya.

Setelah dilaksanakan konferensi tersebut diharapkan masyarakat tidak mengalami kegelisahan atas isu yang telah  beredar di sosial media tentang isu corona.

Adapun yang hadir pada persrilis yaitu Plt Direktur RSUD M Ashari Kab Pemalang Dr. Sunardo, Sp THT, Ketua Tim Penanganan Virus Corona Kab. Pemalang Dr Lia, Sp. P, Kasat Intelkam Polres Pemalang AKP Amin Mezi, Kasat Bhinmas Polres Pemalang AKP Sungkono dan para kuli tinta.*

Reporter : Tresno
Editor      :  Oji


Powered by Blogger.