Si Jago Merah Hanguskan Rumah Solihin

PEMALANG - Si jago merah mengamuk lagi di Desa Banyumudal, Kec. Moga setelah beberapa bulan yang lalu menghanguskan warung yang sekaligus bengkel. Kali ini menimpa  Solihin (65 th)  warga Dukuh Tumanggal RT. 08/08 pada Jum'at (6/3/2020) pukul 23.30 WIB,  diduga  api berasal dari tungku yang digunakan untuk mengeringkan jagung.

Baca juga: Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin Resmikan Gedung Baru IIQ Jakarta


Menurut Solihin, peristiwa itu berawal ketika jam 19:WIB dirinya menyalakan tungku api kayu bakar untuk menggarang /memanaskan jagung hasil panen dengan api kecil supaya kering, dikarenakan tidak ada panas matahari, setelah itu ditinggal istirahat karena kurang enak badan /sakit, sehingga lupa mematikan tungku api kayu bakar tersebut.

"Sekitar Pukul 23:30 WIB api  membesar dan merambat pada dinding kayu dapur dan rangka atap yang terbuat dari kayu kemudian ini lah yang terjadi ludes semuanya," katanya.

Sementara itu, menurut Sayum tetangga korban saat ia melihat asap dan kobaran api, langsung berteriak meminta tolong. Edi Prayitno, Yanto  dan warga lainnya, mendengar teriakan meminta tolong, langsung membantu memadamkan api yang telah berkobar. Namun, karena keterbatasan air, warga pun sulit memadamkan api, sehingga sampai pukul 01:30 WIB api baru dipadamkan, akan tetapi api sudah menghanguskan rumah beserta isinya. Akibat peristiwa itu, kerugian Solihin ditaksir sekitar 45 juta rupiah.

Baca juga: Gunakan Baju Khas Jawa, Ganjar Pranowo Ajak Warga Jaga Lingkungan

Muspika Kecamatan Moga bersama Pemerintah Desa Banyumudal pun mendatang lokasi kebakaran untuk mendata dan memberi bantuan. Selain itu anggota Bimas Koramil 10/Moga Pelda Hirsom juga ikut mendata dan memberikan bantuan sembako.

Hirsom juga menghimbau masyarakat agar selalu waspada dan lebih berhati-hati dalam segala aktifitas.

"Terutama yang berhubungan dengan api atau kelistrikan karena dari situ musibah bisa saja terjadi dari keteledoran," tandas Hirsom.*

Reporter : Tresno
Editor      :  Oji
Powered by Blogger.