Waspada, Profile WhatsApp Kades Di Pemalang Dibajak Penipu


PEMALANG - Maraknya modus penipuan dengan menggunakan profile WhatsApp kepala desa di Kabupaten Pemalang menjadi perhatian banyak pihak. Hal ini dikarenakan aksi pelaku telah memakan korban.

Dari laporan yang diterima oleh Imam Wibowo, Ketua Paguyuban Kepala Desa se Kabupaten Pemalang, sedikitnya tujuh nama kepala desa telah dicatut oleh pelaku untuk melancarkan aksinya.

"Saya minta ini menjadi perhatian kita semua agar lebih waspada. Jika kedepan ada pesan WhatsApp yang semacam ini lagi maka jangan segan-segan melaporkan kepihak yang berwajib," katanya.

Elok Rahmawati, Kades Wanarata, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang adalah salah kepala desa yang namanya dicatut oleh pelaku untuk meminta sejumlah uang kepada warganya.

"Ada empat warga kami yang dimintai uang, bahkan hari ini (Senin, 26/3/20), satu korban sudah transfer empat juta rupiah melalui rekening BTPN dan saya sudah melaporkan kejadian ini kepihak bank," ungkapnya.

Kasat Reskrim Polres Pemalang, AKP. Suhadi mengaku belum menerima satupun laporan masyarakat terkait hal ini. Namun begitu, ia menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menanggapi pesan WhatsApp semacam ini. Utamanya yang mengatasnamakan pejabat.

"Konfirmasi dulu yang kepada bersangkutan dan segera laporkan ketika ada upaya penipuan" tegasnya.


Penulis : Jumanto Sastro
Powered by Blogger.