Antisipasi Covid 19, Desa Pegongsoran Lakukan Penyemprotan Disinfectan

Staf Balai Desa Pegongsoran, memeriksa kondisi suhu tubuh salah seorang warga yang baru pulang dari perantauan

Pemalang - Dalam rangka mengantisipasi penyebaran covid -19 yang dikhawatirkan akan masuk ke wilayah Desa Pegongsoran, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang., seluruh warga masyarakat desa tersebut nampak bahu membahu melakukan penyemprotan disinfectan di 3 wilayah Desa Pegongsoran, Jum'at (10/4/2020).

Staf Balai Desa Pegongsoran, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah., tengah melakukan pendataan pada salah seorang warga yang pulang dari perantauan, (10/4).

Penyemprotan disinfectan yang diprakarsai oleh Pemerintah Desa Pegongsoran ini, menjadi langkah pasti pihak Pemerintah Desa dan warga masyarakat dalam menanggulangi, mengantisipasi, atau bahkan menangkal masuknya covid 19 ke Desa Pegongsoran. Selain program penyemprotan disinfectan, pihak Pemerintah Desa Pegongsoran juga tampak melakukan kerja Bakhti, pemeriksaan (Screening.red) pada para warga yang merantau di luar kota, maupun warga atau tamu yang berkunjung ke Desa Pegongsoran.

"Demi mencegah, mengantisipasi dan juga menanggulangi masuknya covid 19 di Desa Pegongsoran, kami Pemerintah Desa bersama warga masyarakat, bahu membahu melakukan penyemprotan disinfectan di 3 Rukun Warga yang ada di Desa Pegongsoran. Penyemprotan sudah 3x kami lakukan, tidak cuma di jalan atau lingkungan tiap gang saja. Penyemprotan juga kami lakukan di fasilitas umum seperti tempat ibadah, sarana pendidikan, dan sarana pendidikan agama atau pondok pesantren,"  ungkap Kepala Desa Pegongsoran, Turitno, (10/4).

Para Pemuda Desa Pegongsoran, nampak guyub rukun, melakukan penyemprotan cairan disinfectan diwilayah Desa tersebut, (10/4).

Mendengar program dan sepak terjang antisipasi yang dilakukan oleh pihak Pemerintah Desa, para warga masyarakat pun menyambut dengan penuh keramahan, dan harapan agar covid 19 tidak sampai masuk ke Desa Pegongsoran.

"Oalah, saya senang mas, dengan demikian, covid 19 tidak sampai masuk ke Desa Pegongsoran ini," terang Tohari, salah seorang warga Rt 10, Rw 02.

Ketika ditanya bagaimana antisipasi para warga yang kerja di luar kota atau perantauan, Turitno, menerangkan jika pihaknya selalu menghimbau para perantauan agar tidak langsung pulang ke rumah, melainkan langsung laporan ke Petugas Posko Covid-19 di Balai Desa.

Dikatakan oleh, Dwi, koordinator kegiatan serta Ketua Paguyuban Pemuda Pegongsoran, para pemuda bergerak sukarelawan dalam melakukan penyemprotan disinfectan, untuk antisipasi covid 19.

"Para pemuda sukarela ikut serta dalam penyemprotan disinfectan. Ya dengan harapan ikut mengantisipasi dan mencegah covid 19 masuk ke Desa Pegongsoran," imbuhnya.

Kegiatan penyemprotan disinfectan, direncanakan akan dilaksanakan seminggu sekali. (Dentang)
Powered by Blogger.