Antisipasi Tersebarnya Virus Covid-19 Kec. Randudongkal Dirikan Poskoin

PEMALANG - Peran aktif dan keterlibatan masyarakat dalam mengantisipasi penyebaran virus covid-19 sangat diperlukan. Butuh kerja sama dari seluruh lapisan masyarakat.Demikian yang  dikatakan Camat Randudongkal Sis Muhamad  saat memantau posko pospoin Covid-19 yang ada di Pendopo Kecamatan Randudongkal, Rabu (1/4/2020).

Wabah virus corona ini adalah masalah bersama. Pemerintah memiliki keterbatasan personel.  Jadi, diharapkan peran serta dari semua elemen masyarakat sangat diperlukan. 

"Maka dari itu, kita adakan rapat kordinasi Muspika dan dokter Puskesmas bareng tokoh masyarakat serta Kepala Desa sekecamatan Randudongkal beberapa hari lalu guna merujuk surat edaran bupati terkait wabah virus Covid-19," kata Sis Muhamad.

"Alahamdlilah setelah ada rapat kordinasi sesuai edaran dari pemerintah, peran aktif masyarakat dan  pemerintah desa khususnya sekarang luar biasa terutama di Kecamatan Randudongkal demi upaya mencegah meluasnya  wabah virus covid-19, semuanya mematuhi segala aturan dan kebijakan yang ada, dari melakukan penyemprotan disinfektan ke semua sudut wilayah desa-desa,  pendataan para pemudik melakukan himbauan  pada acara yang melibatkan perkumpulan masa benar-benar dikurangi dan di tiadakan dulu," ujarnya.

"Maka dari itu kita dirikan posko penanggulangan covid- 19 yang kita namakan Poskoin yaitu pos komunikasi dan informasi yaitu informasi yang datangnya dari desa-desa jadi setiap saat kita data termasuk pemudik yang masuk di seluruh Kecamatan Randudongkal," ungkap Sis Muhamad.

Sampe siang hari ini pemudik yang masuk Kecamatan Randudongkal  sudah 4000 lebih, itu dari data desa-desa yang masuk.

Poskoin itu dirikan di kecamatan dalam upaya pendataan agar lebih mudah dan jika ada apa-apa bisa langsung bergerak.

"Untuk mendukung hal itu, petugas dari kecamatan kita piketkan dari Kasi PPK,  Panwas, PMPN, Bundes sampai anggota pemadam kebakaran itu, kita bikin sif piket karena namanya  Posko harus ada orangnya yang  memantau dan mengkomunikasikan data yang datang dari desa-desa," ujarnya.

Di area kantor kecamatan, karena tempat pelayanan masyarakat, setiap pagi dan tutup pelayanan diadakan penyemprotan sebagi upaya pencegahan virus covid-19 agar tidak menyebar.

"Pesan saya kepada masyarakat harus tetap tenang jangan panik, patuhi segala himbauan dan aturan yang ada dari pemerintah," pungkasnya.

Penulis : Tresno
Powered by Blogger.